Ujicoba Pelapis Keramik Trotoar Dinilai Gagal

674
RUSAK : Trotoar di Jalan Jenderal Soedirman Timur yang sudah rusak dan bakal diganti lapisan keramiknya. (GALUH WIDOERA/RADAR BANYUMAS)
RUSAK : Trotoar di Jalan Jenderal Soedirman Timur yang sudah rusak dan bakal diganti lapisan keramiknya. (GALUH WIDOERA/RADAR BANYUMAS)

RADARSEMARANG.COM, PURBALINGGA – Perbaikan trotoar terus dilakukan di Kabupaten Purbalingga. Setelah Jalan Jenderal Soedirman Barat, Jalan MT Haryono, dan Jalan Ahmad Yani, tahun ini giliran Jalan Jendral Soedirman Timur.

Agar tidak ada lagi keluhan dari masyarakat terkait keramik trotoar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) masih mencari produk yang sesuai untuk pelapisan keramik trotoar. Pasalnya, pelapis keramik yang sempat diujicoba di Jalan Jenderal Soedirman Barat, Jalan MT Haryono, dan Jalan Ahmad Yani, tidak cocok untuk kondisi di luar ruangan.

“Trial kemarin belum pas, masih mencari produk lain yang lebih tepat dan lebih cocok,” kata Plt Kepala DPU PR Setiyadi melalui Kabid Bina Marga Nugroho Priyo Pratomo, Kamis (11/1).

Dikatakan, DPU PR masih mengupayakan solusi agar keramik bisa memiliki daya gesek yang cukup untuk pejalan kaki. Pihaknya fokus penanganan pada Jalan Jenderal Soedirman Barat dan Jalan Ahmad Yani yang memiliki lalu lintas padat.

Selain itu, DPU PR mengklaim, setelah penggantian sisi miring trotoar dengan keramik yang lebih kasar, keluhan masyarakat sudah berkurang. Tahun 2017 lalu, sisi miring trotoar di Jalan Jenderal Soedirman Barat dan Jalan Ahmad Yani selesai diganti. “Tahun 2018 tinggal pengerjaan penggantian di sisi miring trotoar Jalan MT Haryono,” imbuhnya.

Sementara itu, tahun ini akan dilakukan pengerjaan rehabilitasi dan renovasi gorong-gorong dan trotoar di Jalan Jenderal Soedirman Timur. Konsep bangunan sama dengan trotoar di Jalan Jenderal Soedirman Barat. “Pembangunan gorong-gorong, trotoar, median jalan dianggarkan Rp 2,74 miliar. Konsepnya sama, hanya saja nanti keramiknya akan menggunakan keramik dengan permukaan paling kasar,” katanya. (gal/sus/jpg/ton)