Server Lamban, Pembuatan e-KTP Tersendat

200
SIDAK : Wakil Ketua Komisi I DPRD Banjarnegara Abdul Mufid saat mengecek pelayanan pembuatan e-KTP. (DOK RADAR BANYUMAS)
SIDAK : Wakil Ketua Komisi I DPRD Banjarnegara Abdul Mufid saat mengecek pelayanan pembuatan e-KTP. (DOK RADAR BANYUMAS)

RADARSEMARANG.COM, BANJARNEGARA – Lambannya server menghambat pelayanan KTP Elektronik (e-KTP). Akibatnya antrean menjadi panjang. Masyarakat berharap server segera diperbaiki agar pelayanan bisa lebih cepat.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banjanegara Abdul Mufid mengatakan, kondisi ini membuat sejumlah masyarakat mengeluh ke wakil rakyat, dan pihaknya berinsiatif mengecek kebenarannya ke lokasi. “Server mengalami kerusakan,” kata dia.

Mufid menjelaskan, server tidak hanya digunakan untuk pembuatan e-KTP . Namun juga keperluan pembuatan dokumen kependudukan lainnya. Berdasarkan keterangan yang dihimpun dalam sidak, dalam satu hari ada sekitar 250 pemohon e-KTP.

Meskipun demikian, dia mengapresiasi upaya Dindukcapil yang telah berupaya memberikan pelayanan dengan maksimal. Misalnya berinisiatif memperbaiki alat pencetak e-KTP yang rusak.

Bupati Bamjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, saat ini pengadaan server sedang dalam proses lelang. “Tidak rusak, cuma lambat. Server akan segera diganti yang baru, harganya sekitar Rp 200 juta,” terangnya.

Harga tersebut sudah termasuk untuk perawatan. Menurut dia, jika server sudah jadi, maka pelayanan akan cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan tergantung proses lelang. “Itu kan e-katalog. Harganya sudah tercantum dalam e-katalog,” paparnya. (drn/jpg/ton

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here