Rumah Terbakar, Uang Rp 100 Juta Lenyap

717
LUDES : Pemadam kebakaran dari Pos Damkar Kaliwungu memadamkan api yang membakar rumah Marpuah, Warga Sukomulyo, Kaliwungu Selatan, Jumat (12/1) kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
LUDES : Pemadam kebakaran dari Pos Damkar Kaliwungu memadamkan api yang membakar rumah Marpuah, Warga Sukomulyo, Kaliwungu Selatan, Jumat (12/1) kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Diduga akibat korsleting arus pendek, sebuah rumah di Dukuh Tampingan RT 02/04 Desa Sukomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan ludes dilalap api. Tidak ada satupun barang berharga yang berhasil diselamatkan. Termasuk uang senilai Rp 100 juta juga raib dilalap api.

Pemilik rumah, Marpuah, 60, hanya bisa menangis histeris melihat satu-satunya rumah hunian miliknya terbakar. Lebih nyesek lagi, adalah uang hasil penjualan sawah miliknya sebesar Rp 100 juta juga ikut terbakar.

“Uang hasil penjualan sawah sepekan lalu sebesar Rp 100 juta. Belum saya apa-apakan. Saya simpan di dalam almari. Sekarang rumah terbakar berikut lemarinya juga ludes,” katanya dengan menangis histeris, Jumat pagi (12/1) kemarin.

Marpuah mengaku tidak tinggal sendiri. Ia ditemani anak dan menantu serta satu cucunya. Namun, semua berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar dan menghanguskan bangunan rumah.

Marpuah menangis karena uang tunai Rp 100 juta yang disimpan di almari kamarnya tidak bisa diselamatkan. Padahal, uang tersebut akan dibelikan tanah lagi untuk menggantikan tanah yang sudah ia jual.

Petugas pemadam kebakaran dan BPBD Kendal mencoba mengais sisa kebakaran untuk mencari sisa uang yang terbakar. Namun sama sekali tidak ditemukan, bahkan satu pakaian pun tidak ada yang tersisa karena semua barang di dalam lemari terbakar.

Kohar, anak dari Marpuah mengatakan jika dirinya mengetahui kebakaran setelah api membesar dari kamar belakang. Ia yang masih tertidur, lantas membangunkan istri dan anaknya untuk keluar rumah menyelamatkan diri.

“Saya sendiri tidak sempat membawa barang berharga. Termasuk uang yang ada di dalam almari kamar serta sebuah sepeda motor. Barang yang tersisa hanya sarung yang saya pakai ini saja, lainnya terbakar,” tambahnya.

Satu mobil pemadam kebakaran pos Kaliwungu yang datang ke lokasi berhasil memadamkan api setelah setengah jam membakar rumah berukuran 5X10 meter ini. Polisi masih memeriksa sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab kebakaran. Dugaan sementara api berasal dari korsleting listrik, kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (bud/ida)