Pencuri Pakan Ternak Terancam 9 Tahun Penjara

138

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Berkas perkara lima tersangka pelaku pencurian di PT Cargill Indonesia yang terletak di Jalan Walisongo KM. 96 Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, resmi dilimpahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kota Semarang ke Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Kelima tersangka tersebut yakni, Aris Supriyanto, Ansori, Akhmad Hartanto, Yuan Andiyanto dan Arif Widiyarto.

Kasi Intelijen Kejari Kota Semarang, Tri Yulianto mengaku telah melimpahkan perkara tersebut. Ia menyampaikan perkaranya akan ditangani jaksa Rilke Dj Palar. Dikatakan Tri, kelimanya akan disidang dalam satu berkas dan akan dijerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3 dan ke 4  Kitab Undang-undang Hukum Pidana.“Ancamannya 9 tahun penjara. Barang bukti yang disita dalam kasus itu diantaranya 1 unit truk mitsubisi dan 30 sak customik CI pakan ayam,” kata Tri Yulianto, Jumat (12/1).

Dalam berkas dakwaanya, JPU Rilke Dj Palar menyebutkan tersangka Aris Supriyanto, Ansori, Akhmad Hartanto, Yuan Andiyanto dan Arif Widiyarto, pada 30 Oktober 2017 lalu, sekitar jam 19.30, bertempat di PT Cargill Indonesia, Kecamatan Tugu, menggunakan truk mencari muatan di PT Cargill Indonesia, setelah truk diparkir di depan pabrik, selanjutnya Aris turun ketempat karyawan pabrik yang biasa membuat Delivery Order (DO).

Tujuan Aris untuk menanyakan masalah DO apa tidak, karena hari itu tidak ada DO sehingga sambil istirahat truk terdakwa I parkir dibelakang samping gudang, kemudian Aris berjalan keluar warung makan untuk bertemu dengan Ansori operator forklip, sambil ngobrol Aris mengutarakan maksudnya kepada Ansori mengambil pakan ayam dari gudang tanpa (DO) milik dari PT. Cargill Indonesia, selanjutnya Aris dan Ansori menyetujui bersepakat rencana mengambil pakan ayam yang ada dalam gudang.

Kemudian saat menunggu waktu yang tepat untuk keluar dari lokasi gudang tiba tiba Aris dihampiri oleh kepala satpam bernama Slamet Riyadi, yang meminta Aris untuk membuka deklit tutup truck. Bahkan Slamet juga meminta juga untuk menunjukkan (DO) barang tersebut tetapi Aris tidak bisa menunjukkan dan akhirnya langsung dibawa di kantor satpam untuk ditanyai mengenai muatan barang yang ada di mobil truk tersebut. Ternyata perbuatan itu sudah sering dilakukan bersama dengan kelima terdakwa.

“Bahwa perbuatan para tersangka dilakukan dalam kurun waktu bulan Oktober 2017. Akibat perbuatan yang dilakukan para tersangkan, PT Cargill Indonesia, mengalami kerugian berupa 96 sak berisi pakan ayam petelur jenis Customix CI dengan total kerugian materi sebesar Rp. 35.990.000,”jelasnya. (jks/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here