Pedagang Diminta Berperilaku Bersih

259
ARAHKAN PEDAGANG : Bupati Demak HM Natsir memberikan arahan kepada pedagang kawasan wisata Kadilangu, Jumat (12/1) kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
ARAHKAN PEDAGANG : Bupati Demak HM Natsir memberikan arahan kepada pedagang kawasan wisata Kadilangu, Jumat (12/1) kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pedagang di kawasan wisata religi Kadilangu dan Tembiring, Kecamatan Demak Kota diminta berperilaku bersih, termasuk bersih dari sampah dan WC atau kamar mandi. Pasalnya, kawasan tersebut setiap hari dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah.

Demikian disampaikan Bupati Demak HM Natsir di sela sidak di Terminal Kadilangu, Jumat (12/1) kemarin. Menurut bupati, berperilaku bersih harus dimulai dari diri sendiri, baik saat di rumah maupun di tempat mencari rizki. “Berikan pelayanan yang terbaik bagi para peziarah. Mereka adalah tamu-tamu Kanjeng Sunan Kalijaga,” katanya.

Selain itu, jika lingkungan wisata bersih dan nyaman, tentu peziarah akan betah atau tahan berlama-lama di Demak. Mereka akan menikmati perjalanan wisata religi ngalap berkah dengan berziarah tersebut. “Kalau ketemu peziarah jangan cemberut,” ujarnya.

Selain ke Kadilangu, bupati juga ke terminal wisata Tembiring untuk mengecek kebersihan tempat singgah bus-bus peziarah yang ke Masjid Agung tersebut. Bupati juga sempat menemui seorang pedagang yang mendirikan tenda jualan tidak pada tempatnya. Pemilik tenda dagangan diberikan arahan agar tidak berjualan di lokasi terlarang itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Demak, Agus Musyafa mengatakan bahwa pedagang baik di Kadilangu dan Tembiring diharapkan menjaga kebersihan lingkungan. “Ini sekaligus kesiapan kami menghadapi penilaian Adipura. Kami berharap, bisa tercapai jika lingkungan bersih. Karena itu, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan,” katanya. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here