Pasar Waru Indah Baru segera Ditempati

245
DEMOKRATIS: Para pedagang Pasar Waru saat melakukan pengundian kios Pasar Waru Indah Baru. (ADITYO DWI/JAW APOS RADAR SEMARANG)
DEMOKRATIS: Para pedagang Pasar Waru saat melakukan pengundian kios Pasar Waru Indah Baru. (ADITYO DWI/JAW APOS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dinas Perdagangan Kota Semarang, Jumat (12/1) kemarin, melakukan pengundian lapak pedagang Pasar Waru untuk dipindah ke Pasar Waru Indah Baru. Pasar yang baru selesai dibangun itu terdiri atas dua lantai. Lantai bawah terdapat 60 kios, sedangkan lantasi terdiri atas 14 kios. Mereka yang menempati lokasi tersebut merupakan orang-orang yang telah teregister, sehingga diprioritaskan untuk orang-orang yang memiliki register.

“Mereka orang lama yang kami tempatkan di pasar tersebut. Sehingga apabila masih ada tempat silakan untuk bisa menghubungi kami, nanti akan kami letakkan di lantai atas, juga untuk los,” papar Kepala Dinas Perdagangan, Fajar Purwoto di sela-sela pembagian lapak, kemarin.

Dia menambahkan, ditargetkan pada 17 Januari, semua pedagang Pasar Waru harus sudah masuk. Dan untuk pedagang los sudah sepakat untuk diundi hari ini.

“Hari ini (kemarin) pengundian untuk pedagang los, tetapi untuk undian kios akan dilakukan besok (hari ini). Dan pengundian itu kita serahkan kepada mereka, apakah dilakukan oleh petugas atau mereka sendiri yang penting yang terbaik bagi para pedagang,” ungkapnya

Untuk untuk losnya terdapat 216 unit, karena satu los dibagi dua dengan ukuran 1,5 meter x 3 meter. Sehingga nantinya pedagang mendapatkan ukuran 1,5 meter x1,5 meter. Sebab, satu los untuk dua orang dan ukuran itu sudah  ideal.

“Los ini dibuat secara tertutup dan aman. Dan untuk kios itu memang satu yang tertutup secara rapat,” paparnya.

Dan untuk pembagian kios, mereka mempunyai empat los dan sesuai dengan registrasi yang ada akan dikembalikan empat juga. Bahkan yang memiliki dua, dan sesuai dengan registrasi yang ada juga sama akan diberikan dua.  Sedangkan untuk pedagang yang sifatnya musiman, tambah dia, akan ditempatkan di lantai dua.

“Di depam itu memang masih belum tertata, sehingga karena ada saluran, maka akan dilakukan penataan oleh DPU,” imbuhnya.

Kemudian pada 18 Januari mendatang untuk relokasi di mulai depan kelurahan sampai dengan depan perbatasan rusunawa sudah harus dibongkar, sehingga aktivitas bisa berjalan normal di Pasar Waru Indah Baru.

“Mereka (pedagang) sudah harus bisa menempati tempat relokasi tersebut secepatnya dan masuk ke dalam semua,” paparnya.

Jumlah pedagang di Pasar Waru Indah Baru, untuk pedagang los 511 orang, dan untuk pedagang kios 58 orang. Fajar optimistis dengan jumlah tersebut masih ada sisa, sehingga apabila masih kurang akan ditempatkan di lantai II dan lebih lebar.

“Karena konsep kami membangun lantai II, apabila ada lantai III digunakan untuk daerah perkantoran,” imbuhnya.

Fajar mengaku untuk pasar yang memiliki lantai III itu ada di beberapa pasar, seperti Pasar Sampangan, Pasar Bulu, dan Pasar Jrakah karena untuk pasar ini lantai satunya basemen, sedangkan lantai II dan III juga ramai. (amu/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here