KPUD Coklit Mulai 20 Januari

319
Hestin Atas Asih (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Hestin Atas Asih (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – KPUD Demak akan melakukan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk kesiapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng. Coklit akan dilaksanakan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) baik oleh KPU, maupun PPK dan PPS.

Komisioner KPUD Bidang SDM, Hestin Atas Asih mengatakan bahwa coklit dimulai 20 Januari hingga 18 Februari mendatang. Menurutnya, dalam coklit ini pihaknya akan mendatangi setiap rumah termasuk rumah tokoh seperti bupati maupun tokoh agama dan pemerintahan. Selain itu mendata para difabel. “Jadi, ada kewajiban KPU untuk mendata pemilih melalui coklit ini,” ujar Hestin kemarin.

Menurut dia, ada sekitar 890 ribu data pemilih yang akan diteliti untuk pemutakhiran data tersebut. “Kami teliti, apakah masih ada data yang tidak valid tapi masuk data pemilih, atau data valid namun belum masuk pendataan pemilih. Ini kami kroscek dengan coklit,” katanya.

Dia menambahkan, coklit juga bagian pendidikan politik bagi masyarakat. Ini sesuai dengan peraturan KPU nomor 8 tahun 2017 soal pendidikan politik dan partisipasi masyarakat. “Gerakan coklit awal dari pada upaya untuk menyempurnakan data pemilih sebelum kita tetapkan menjadi data pemilih tetap. Oleh sebab itu gerakan coklit ini sangat penting dan perlu kita lakukan sama-sama secara serentak agar nuasa ataupun masyarakat bisa memandang bahwa KPU siap untuk melaksanakan pilkada Tahun 2018. Partisipasi masyarakat itu penting dalam pemilu,” katanya.. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here