Budaya Gotong Royong Masih Ada

237
DISAMBUT : Bupati Magelang Zaenal Arifin menyapa masyarakat di perbatasan Kabupaten Boyolali dan Magelang, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
DISAMBUT : Bupati Magelang Zaenal Arifin menyapa masyarakat di perbatasan Kabupaten Boyolali dan Magelang, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP mendatangi kawasan perbatasan Magelang-Boyolali, Jumat (12/1). Orang nomor satu di Kabupaten Magelang itu didaulat meresmikan pos kamling Dusun Sanden Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan.

Menurutnya, ada nilai positif di balik pembangunan tersebut. Pos kamling dibangun dengan dana swadaya yang nilainya mencapai Rp 75 juta. “Partisipasi masyarakat di tingkat pedesaan hingga saat ini masih cukup bagus baik di bidang gotong royong maupun dalam pendanaan pembangunan di lingkungannya. Ini perlu dipertahankan karena sebesar apapun dana dari pemerintah, tanpa sinergi serta keterlibatan masyarakat, tidak akan berhasil,” kata Zaenal.

Padahal di era saat ini, banyak masyarakat yang sudah meninggalkan budaya gotong royong. “Namun di pedesaan seperti sebagian wilayah di Kabupaten Magelang budaya gotong royong masih banyak dilakukan baik dilingkup rumah tangga maupun tingkat dusun atau lingkungan,” papar dia.

Terlebih, lanjut dia, dengan adanya UU Desa yang mengamanatkan kucuran anggaran dalam skala besar yang menuntut keterlibatan masyarakat. “Gali dan kembangkan semaksimal mungkin potensi yang ada didesa karena hal ini akan dapat memberikan PAD bagi desa dan harapanya dapat mensejahterakan masyarakat di desa setempat,” harapnya.

Kepala Desa Wonolelo Pomo mengatakan, wilayahnya merupakan desa terluas di Kecamatan Sawangan yang terletak berbatasan dengan Kabupaten Boyolali. Wonolelo memiliki luas wilayah 1.230 hektare, dengan jumlah penduduk 6.764 jiwa yang terbagi menjadi 1.952 keluarga. “Masyarakat Desa Wonolelo siap bersinergi didalam pembangunan di segala bidang serta siap mendukung program-program pemerintah Kabupaten Magelang,” papar dia. (vie/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here