Balon Kepala Daerah Jalani Tes Syaraf

106
TES KESEHATAN: Sejumlah paslon kepala daerah berfoto bersama sebelum menjalani tes kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang, kemarin. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TES KESEHATAN: Sejumlah paslon kepala daerah berfoto bersama sebelum menjalani tes kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang, kemarin. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dua pasangan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng serta 13 pasangan balon bupati dan wali kota menjalani tes kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang, Jumat (12/1). Mereka wajib mengikuti rangkaian tes sejak pukul 07.00 hingga sore hari. Mulai dari tes kejiwaan, kesehatan jasmani, hingga narkotika.

Bakal calon gubernur petahana Ganjar Pranowo datang kali pertama. Dia menunggu di Ruang Anggrek Gedung Diklat RSUP dr Kariadi. Tidak lama kemudian, Sudirman Said datang dan langsung terlibat perbincangan dengan Ganjar.

Setelah kedua paslon berkumpul, mereka diarahkan ke aula ruang Anggrek 2 untuk prosesi pembukaan. Pada kesempatan itu, Ganjar mengaku tidak punya persiapan khusus. Hanya saja, sejak subuh tadi dia sudah berpuasa.

“Tidak ada persiapan, tapi ini saya puasa, ternyata yang harus puasa itu besok,” kata Ganjar bercanda.

Senada diungkapkan Sudirman Said. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini mengaku kemarin dalam kondisi sehat dan akan mengikuti semua pemeriksaan kesehatan kemarin dan hari ini. “Insya’Allah hari ini (kemarin) dalam kondisi sehat. Untuk besok (hari ini) harus puasa,” tuturnya.

Dijadwalkan yang mengikuti tes kesehatan di Semarang, yakni bacagub dan bacawagub Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Kemudian ada bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tegal 3 pasangan, Kudus 5 pasangan, dan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tegal 5 pasangan. “Saya yakin saya sehat jasmani rohani,” tegas salah satu bakal calon Bupati Kudus, Akhwan, yang duduk bersebelahan dengan Ganjar dan Sudirman.

Kabid Pelayanan Medis RSUP dr Kariadi Semarang, Nurdoko Baskoro, mengatakan, agenda tes kesehatan kemarin, yakni tes narkoba dari BNNP Jateng, tes psikologis, dan neurologi atau syaraf.

“Hari ini (kemarin) tes psikologi, narkoba, dan neurologi. Tim dokter ada 23 orang karena calonnya juga banyak. Hasilnya, diserahkan KPU tanggal 26 Januari mendatang,” terang Baskoro.

Pemeriksaan kemarin akan berlangsung hingga sore hari. Untuk hari kedua yakni Sabtu (13/1) hari ini, pemeriksaan akan dipusatkan di Pavilion Garuda RSUP dr Kariadi Semarang. Selain di Semarang, paslon lainnya menjalani tes di RSUD Moewardi Solo. (amh/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here