Waspadai Penyebab Nyeri Punggung

337

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Penyebab nyeri pada punggung tak hanya dikarenakan sering bekerja. Tetapi juga akibat usia tempat tidur yang yang dipakai lebih dari 8 – 10 tahun, sehingga kekuatan kasur untuk menopang tubuh mengalami penurunan dan mengakibatkan nyeri pada punggung.

“Dalam dunia medis, nyeri pada punggung merupakan kondisi yang disertai rasa sakit, kaku, sulit digerakkan dan tegang,” kata  perawat senior RSI Sultan Agung Siti Arofah, S.KM dalam sesi edukasi kesehatan bersama warga Kota Semarang di Aula RSI Sultan Agung, kemarin.

Siti Arofah mengatakan rasa nyeri punggung ini disebabkan posisi tubuh yang keliru. Bahkan ketika punggung digunakan untuk membungkuk, berdiri, duduk atau terlalu sering mengangkat benda berat terasa nyeri.

Selain itu, nyeri punggung disebabkan duduk seharian berlama-lama, bahkan kurang olahraga sehingga menyebabkan otot akan menjadi lemah dan tulang belakang akan mengendur dan menimbulkan stres. “Rasa stres memang bisa disebabkan karena rasa nyeri punggung. Bahkan otot tidak bisa rileks juga akan menyebabkan kesakitan  bagi seseorang,” ujarnya.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari rasa nyeri di punggung adalah menghindari membawa beban yang terlalu berat, dan biasakan duduk dengan posisi tegak, serta gunakan sepatu yang beralas datar. “Dan olahraga yang sesuai adalah berenang dan lari. Ini harus dilakukan secara teratur untuk menghindari nyeri punggung,” katanya. (hid/ric)

Silakan beri komentar.