Tokoh Mitologi Indonesia Kalah Tenar

364
ISTIMEWA
ISTIMEWA

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Beragamnya suku yang ada di Indonesia membuat negara ini kaya akan mitologi atau kajian tentang mitos. Namun sayangnya, masih sedikit pihak yang berusaha untuk mengeksplorasi hal ini lebih jauh supaya kisahnya bisa mendunia.

Sastrawan Triyanto Triwikromo mengatakan, mitologi Indonesia masih kalah tenar jiika dibandingkan negara Yunani yang terkenal dengan tokoh Zeusnya. Padahal Indonesia tidak kalah. Beberapa suku di negeri ini memiliki kisah tentang tokoh mitologis.

“Masyarakat dunia banyak mengenal Zeus mitologi Yunani dibandingkan Genderuwo, Warak Ngendog dan lain sebagainya,” ungkapnya dalam jumpa pers “Sayembara Nasional Penulisan Mitologi” di kampus IKIP Veteran Semarang, Kamis (11/1).

Ia mengatakan, jika tokoh mitologis Indonesia mampu dieksplorasi dengan baik, maka bukan hal yang mustahil untuk mengalahkan mitos-mitos bangsa luar. Pada akhirnya nanti akan berdampak pada ketertarikan wisatawan untuk berkunjung.

Atas alasan itu pula, IKIP Veteran Semarang mengadakan sayembara nasional penulisan mitologi. Menurutnya, belum banyak lomba penulisan dengan mengangkat tema mitologi Indonesia.

Wakil Rektor 2 IKIP Veteran Semarang, Lulu Elyana menambahkan, acara ini bertujuan untuk menciptakan mitologi-mitologi baru. Misalnya masyarakat telah mengenal Dewi Sri sebagai Dewi Padi, namun hampir tidak ada yang mengenal Dewi Jagung, Dewi Ketela Pohon atau Dewa Para Penambang dan lainnya.

“Misalnya di Jawa dunia diciptakan oleh Sang Hyang Wenang lalu diberikan kepada Semar, Togong, dan Bathara Guru. Jangan-jangan ada versi lain? Kreativitas menciptakan versi baru akan sangat dihargai dalam lomba ini,” tuturnya.

Di sisi lain, banyak pula kisah asal mula sesuatu juga belum dieksplorasi. Masyarakat justru lebih tahu tentang asal mula dunia tetapi tidak memahami asal mula keong, bebek hingga batu raksasa yang ada di sebuat tempat. (tsa/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here