CAPRES 2019: Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan bersama para siswa SMA di Tasikmalaya, Jawa Barat. DOKUMENTASI CAPRES 2019: Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan bersama para siswa SMA di Tasikmalaya, Jawa Barat. (DOKUMENTASI)
CAPRES 2019: Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan bersama para siswa SMA di Tasikmalaya, Jawa Barat. DOKUMENTASI CAPRES 2019: Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan bersama para siswa SMA di Tasikmalaya, Jawa Barat. (DOKUMENTASI)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Puluhan ribu kader PAN (Partai Amanat Nasional) Jawa Tengah, Jumat (11/1) hari ini, akan menegaskan kesiapannya untuk memenangkan kader-kader PAN yang berlaga dalam pilkada serentak 2018, sekaligus mendukung Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan untuk maju sebagai calon presiden 2019.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jateng, Wahyu Kristianto, mengatakan, selama tiga hari berturut-turut mulai Jumat (12/1) hari ini hingga Minggu (14/1) Zulkifli Hasan akan melakukan roadshow ke Jateng untuk menghadiri Apel Kader PAN yang akan dipusatkan di Semarang, Pemalang, Purwokerto, Magelang, dan Solo.

Pada kesempatan itu, Zulhasan –sapaan Zulkifli Hasan– akan mengecek langsung kesiapan kader-kader PAN di seluruh Jateng untuk menyambut ‘’Tahun Politik 2018’’, sekaligus kesiapan untuk memenangkan kader-kader PAN yang berlaga dalam Pilkada 2018, terutama di Jateng.

“Kami siap memenangkan kader-kader PAN yang berlaga di pilkada serentak 2018 ini,” kata Wahyu kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (11/1).

Menurut Wahyu, puluhan ribu kader PAN yang mengikuti apel akbar berasal dari berbagai wilayah eks karesidenan di Jateng. Acara di Semarang akan diikuti oleh kader-kader dari seluruh daerah dan ranting eks karesidenan Semarang dan Pati. Kemudian di Pemalang apel kesiapan akan melibatkan kader dari wilayah eks karesidenan Pemalang.

Di Purwokerto akan berkumpul kader-kader eks karesidenan Banyumas. Di Magelang dimeriahkan kader-kader eks karesidenan Kedu, dan di Solo akan diramaikan kader-kader eks karesidenan Surakarta.

Wahyu menambahkan, rangkaian acara roadshow hari ketiga akan dilaksanakan di GOR Manahan Solo, Minggu (14/1) lusa, sekaligus menutup rangkaian roadshow di Jateng. Roadshow ini merupakan program kerja DPP-PAN untuk 2018. “Seluruh daerah dan ranting di seluruh Jateng sudah kita instruksikan untuk siap menghadapi tahun politik,” tegas Wahyu.

Jawa Tengah menjadi wilayah pertama yang dikunjungi Zulhasan pada 2018 sekaligus mengawali roadshow politik ke seluruh wilayah di Indonesia. Setelah Jateng, Zulhasan akan melanjutkan roadshow ke beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, dan ke wilayah lain di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah, kami dipilih sebagai wilayah pertama yang dikunjungi Ketum Zulhasan, Insya’Allah kami siap,” imbuh Wahyu.

Mengenai dukungan terhadap Zulhasan yang sudah diputuskan Rakernas PAN 2017 untuk maju sebagai calon presiden 2019, Wahyu mengatakan Jateng siap mendukung dan memenangkan Zulhasan pada pilpres 2019. “Kami siap bekerja keras untuk memenangkan Pak Zulhasan di pilpres 2019,” kata Wahyu.

Seperti yang disampaikan oleh pengamat politik Eep Syafullah Fatah, Zulhasan mempunyai potensi besar dalam kontestasi pemilihan presiden 2019. Zulhasan dinilai sebagai tokoh representasi umat Islam yang moderat. “Positioning Zulhasan ada di kanan, tetapi moderat,’’ ujar Eep.

Dia memprediksi dalam pemilu presiden 2019, para capres akan mencari pasangan wakil presiden dari kalangan kanan, terutama yang moderat. Pada posisi ini, Zulhasan diuntungkan karena positioning-nya yang ada di kanan tetapi moderat. Selain itu, Eep menambahkan, Zulhasan adalah representasi politikus luar Jawa yang ideal untuk melengkapi pasangan Jawa-luar Jawa seperti Jokowi-Jusuf Kalla sekarang ini. (aro)