PPL Awasi Pemuktahiran Data Pemilih

199
SIAP BERTUGAS : Para PPL Kecamatan Sidorejo usai dilantik oleh Panwaslu Kota Salatiga, Kamis (11/1). (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)
SIAP BERTUGAS : Para PPL Kecamatan Sidorejo usai dilantik oleh Panwaslu Kota Salatiga, Kamis (11/1). (DHINAR SASONGKO/RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Seluruh Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) diminta fokus kepada tugas pengawasan. Termasuk petugas yang masih baru diminta berakselerasi agar bisa mengikuti ritme kinerja panwascam dan panwas kota.

“Harapan kita agar Panwaslu kelurahan siap bekerja penuh waktu alias hanya fokus pada tugas pengawasan,” terang Ketua Panwaslu Kota Salatiga Agung Ari Mursito saat pelantikan Petugas Pengawas Tingkat Kelurahan (PPL) di kecamatan Sidorejo, Kamis (11/1). Di Sidorejo terdapat enam PPL, dengan satu orang wajah lama, dan lima orang wajah baru.

Pelantikan PPL dilakukan di empat kecamatan secara terpisah. Pertama laksanakan Kamis (11/1) jam 08.00 di Aula Kecamatan Sidorejo. Jumat (12/1) ini giliran PPL Kecamatan Tinggir dilantik di aula kecamatan Tingkir. Sementara Sabtu (13/1) besok, PPL Kecamatan Argomulyo akan dilantik di RM Elangsari dan PPL Kecamatan Sidomukti di RM Banyubening.

Ditambahkan Agung, PPL juga diminta mulai menjaga komunikasi dan dedikasi, profesional, netralitas, integritas agar tidak melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara. “Tugas terdekat mengawasi kegiatan mutarlih oleh PPDP yang serentak melakukan pencocokan dan penelitian pada tanggal 20 Januari nanti. PPL harus bisa berkomunikasi dengan pemangku wilayah, lurah dan PPS yang sudah terbentuk,” jelas dia.

PPL juga harus bisa membantu panwas kecamatan dalam program sekolah asuh dan wawancara dengan paguyuban/perkumpulan di wilayahnya, sosialisasi peraturan pemilu dan pencegahan serta penanganan dugaan pelanggaran. “Juga harus melakukan pemetaan/identifikasi TPS rawan di wilayahnya,” jelasnya. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here