Pangdam Sampaikan Kesiapan Pengamanan Pilgub

488
KOMITMEN: Pangdam IV Diponegoro Mayjend Wuryanto berkunjung ke Kodim 0716 Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KOMITMEN: Pangdam IV Diponegoro Mayjend Wuryanto berkunjung ke Kodim 0716 Demak, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pangdam IV Diponegoro Mayjend Wuryanto memastikan kesiapan personel TNI dijajaran Kodam dalam pengamananan pilgub Jateng. Hal ini disampaikan Pangdam ketika berkunjung ke Kodim 0716 Demak, kemarin siang.

Menurutnya, pengamanan pilgub sudah menjadi tugas TNI bersama pihak kepolisian. “Kita minta Kodim Demak membackup penuh kepolisian dalam mengamankan pilgub, utamanya di Demak ini. Dengan demikian, pilgub Jateng ini bisa berjalan sukses,” katanya.

Pangdam menegaskan, dalam pilgub tersebut, personel TNI harus bisa menjaga netralitas. Itu merupakan komitmen yang wajib dipegang teguh aparat TNI selaku prajurit. “Karena itu, kita berkeliling ke semua kesatuan diwilayah Pangdam IV ini termasuk ke Kodim Demak untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pengamanan pilkada (pilgub). Kita juga pastikan pemahaman personel TNI terkait netralitas dalam pilkada tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, dalam kunjungan itu, Pangdam juga menyampaikan,  bahwa pihaknya  ingin mengetahui berbagai persoalan atau kendala yang dihadapi masing masing Kodim. “Kita ingin tahu sejauh mana kendala disetiap kesatuan,” kata Pangdam Wuryanto.

Selain soal itu, dalam kunjungannya kemarin, Pangdam juga menyatakan kesiapannya melanjutkan pengawalan TNI AD terhadap ketahanan pangan disektor pertanian.  Dia menambahkan, tidak ada persoalan dalam capaian produksi pertanian terkait ketahanan pangan tersebut. Artinya, target tercapai dengan hasil yang maksimal untuk swasembada pangan. Meski demikian, Pangdam berharap, setelah adanya pengawalan dari TNI ini, selanjutnya petani harus bisa mandiri dibawah pendampingan masing masing Dinas Pertanian. “Petani harus mandiri,” katanya.

Saat berkunjung ke Kodim Demak, Pangdam disambut Dandim 0716 Demak Letkol Inf  Abi Koesnianto bersama Kapolres AKBP Maesa Soegriwo dan Bupati Demak HM Natsir. (hib/bas)