Kelompok Palembang Dibekuk

Spesialis Pembobol Rumah Kosong

540
TAK BISA MENGELAK : Para anggota Kelompok Palembang spesialis pembobol rumah kosong saat dimitai keterangan di Mapolres Pekalongan, kemarin. (Taufik hidayat/jawa pos radar semarang)
TAK BISA MENGELAK : Para anggota Kelompok Palembang spesialis pembobol rumah kosong saat dimitai keterangan di Mapolres Pekalongan, kemarin. (Taufik hidayat/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Tim Buser Polres Pekalongan dan Unit Reskrim Polsek berhasil menangkap Kelompok Palembang sepesialis pembobol rumah kosong di Jalan Raya Desa Waru. Mereka ditangkap Kamis (11/1) usai membobol rumah kosong milik Sudarsi, 37, warga Dukuh Krajan, Desa Kajongan, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Kejadian bermula pada Rabu (10/1) saat Sudarsi, warga Dukuh Krajan, Desa Kajongan, Kecamatan Kajen  berangkat ke sawah untuk bekerja bersama suami dan kakak iparnya. Korban mengunci semua pintu dan jendela rumah seperti yang dilakukan setiap harinya.

Namun pada siang harinya saat pulang dari sawah, dirinya melihat pintu rumah bagian belakang telah terbuka, isi rumah porak poranda, barang pakaian dan tas yang ada di lemari pakain di ruang tidur, juga tersebar. Setelah mengitari rumahnya, ternyata jendela rumah yang tak jauh dari jalan desa sudah dirusak dengan bekas congkelan dari luar.

Sudarsi memanggil suaminya yang masih bekerja di sawah untuk pulang dan memberitahukan bahwa rumahnya baru saja kemalingan. Setelah diperiksa seisi rumah, ternyata uang tunai Rp 8 juta yang berada di bawah tempat tidur sudah tidak ada. Demikian juga dengan perhiasan emas berupa kalung dan gelang juga raib.

Ahmad Matori, suami Sudarsih mengungkapkan pencuri juga mengambil ATM BRI atas nama istrinya, kartu BPJS atas nama dirinya dan beberapa surat penting lain, seperti STNK.

Menurut dia, rumahnya dimasuki pencuri sekitar pukul 09.00 – 10.00, karena pada jam tersebut rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal untuk bekerja di sawah. “Rumah kami memang biasa kosong setiap harinya, mungkin pencuri sudah mengetahui kalau rumah selalu dalam keadaan kosong,” kata Matori ketika memberikan keterangan di Polres Pekalongan.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Pekalongan,AKP. M. Dahyar mengatakan setelah ada beberapa warga yang melapor, pihaknya langsung bergerak atas informasi yang diberikan beberapa korban.

Tertangkapnya Kelompok Palembang spesialis rumah kosong berawal ketika Tim Buser Polres Pekalongan mencurigai seorang pelaku yang pernah melakukan kejahatan serupa di Jalan Desa Waru. Ternyata benar mereka adalah Redi Hidayat, tersangka yang melakukan kejahatan pencurian rumah kosong bersama Sofyan yang kini DPO di Desa Sumurjomblangbogo.

Ada 5 pelaku kejahatan pencurian rumah kosong yang ditangkap, yakni Redi Hidayat, Rinto Harahan, Obby Sanjaya, Belklinton. Mereka warga Desa Pauh I Kecamatan Rawas Ilir,  Kabupaten Rawas Musi Utara, dan satu yang masih buron yakni Sofyan. “Mereka dikenai Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan pemberatan,” jelasnya. (thd/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here