Hasil Polling Civitas Akademika Jadi Pertimbangan

Untidar Gelar Sayembara Merancang Desain Arsitektur Rektorat

528
POLLING : Sejumlah civitas akademika Universitas Tidar sedang melihat-lihat 10 besar desain arsitektur gedung Rektorat Universitas Tidar di Sidotopo, Magelang Utara. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
POLLING : Sejumlah civitas akademika Universitas Tidar sedang melihat-lihat 10 besar desain arsitektur gedung Rektorat Universitas Tidar di Sidotopo, Magelang Utara. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM – Universitas Tidar (Untidar) Magelang berencana membangun gedung Rektorat di kawasan Desa Kedungsari, Sidotopo, Magelang Utara, Kota Magelang pada 2020 mendatang. Digelar sayembara desain rancang bangun untuk memilih arsitektur terbaik.

SEJUMLAH orang tampak asyik mengamati gambar desain yang dipamerkan di kampus Untidar, Kamis (11/1). Gambar-gambar tersebut merupakan 10 besar desain terbaik hasil Sayembara Desain Arsitektur Rektorat Sidotopo Untidar.

“Pendaftaran sayembara telah dibuka pada awal November dan ditutup pada pertengahan Desember 2017 dengan total 26 pendaftar. Setelah melampui tahap seleksi administrasi dan penilaian juri saat ini telah terpilih 10 besar desain terbaik,” kata Ketua Panitia Sayembara Danar Sandi Kusuma.

Seluruh civitas akademika Untidar akan dilibatkan untuk memberikan polling sebagai tambahan pertimbangan dalam memilih pemenang. Polling ini bertujuan untuk memberikan gambaran desain arsitektur yang sesuai dengan keinginan civitas akademika Untidar. “Walaupun tidak berpengaruh terlalu signifikan terhadap penilaian juri tetapi polling ini nantinya dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan,” papar Danar.

Sayembara desain melibatkan banyak juri ahli dan profesional di bidangnya. Antara lain Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Tengah Sugiarto, Agung Dwiyanto (Universitas Diponegoro), Ahmad Sarwadi (Universitas Gadjah Mada), Bambang Setyohadi (IAI) serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang M Syarifudin Kurniawan.

Rencananya, Rektorat Sidotopo Untidar akan dibangun pada lahan seluas 43.850 meter persegi. Masing-masing peserta diwajibkan memberikan konsep rancangan lengkap dengan perhitungan struktur, mekanikal, elektrikal, dan atau bidang keahlian lain bila diperlukan.