286 PPD Jalani Tes Psikologi dan Narkoba

749
TES KESEHATAN: 286 PPD menjalani tes uji narkoba dan psikotes di RSUD dr Soewondo Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TES KESEHATAN: 286 PPD menjalani tes uji narkoba dan psikotes di RSUD dr Soewondo Kendal, kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Sebanyak 286 anggota Panitia Pengawas Desa (PPD) di 286 Desa/Kelurahan untuk Pemilihan Gubernur Jateng 2018  dilakukan pemeriksaan tes narkoba dan psikotes. Tes untuk memastikan bahwa anggota PPD tidak sedang sebagai pecandu narkoba dan sehat jasmani dan rohani.

Tes dilakuan di RSUD dr Soewondo Kendal Kamis (11/1). Anggota Panwascam Brangsong, Iswahyudi mengatakan, anggota PPD tersebut merupakan peserta yang terpilih dalam seleksi calon PPD yang telah dilaksanakan masing-masing Panwascam beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, terkait ketentuan angggota PPD harus bersih dari narkoba dan sehat jasmani dan rohaninya.

Hal itu sesuai denan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Sebagai pengawas harus sehat jasmani rohani dan bersih segalanya, termasuk bersih dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga mereka bekerja dengan baik dan maksimal untuk melakukan pengawasan,” tandasnya.

Salah satu peserta, Khafid M mengaku, dirinya menjalani tes urine dan kesehatan. Sebelumnya, ia bersama anggota PPD lain melaksanakan tes tertulis. “Setelah tes narkoba dilanjutkan dengan tes psikologi. Saya ikut menjadi anggota PPD untuk mensukseskan serta menciptakan pemilu yang bersih,” jelasnya.

Humas RSUD Dr Soewondo Kendal, dokter M Wibowo, mengatakan, tes urin dan kesehatan jiwa tersebut dilakukan satu hari dan dibagi menjadi dua kelompok. Yakni pagi dan siang. Terkait dengan hasil pemeriksaan tersebut akan diberikan pada keesokan harinya, karena jumlah peserta yang cukup banyak.

“Kami hanya ketempatan dan mendapatkan tugas untuk menjalankan pemeriksaan dari Panwask Hasilnya akan kami berikan kepada panwas selaku yang berkepentingan dalam tes kesehatan ini,” tambahnya. (bud/bas)