Warga Keluhkan Listrik Byar Pet

537
SEMRAWUT : Kondisi kabel listrik PLN di Kampung Tidar Sari, Kelurahan Tidar Selatan Magelang Selatan terlihat semrawut. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
SEMRAWUT : Kondisi kabel listrik PLN di Kampung Tidar Sari, Kelurahan Tidar Selatan Magelang Selatan terlihat semrawut. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Warga Kampung Tidar Sari, Kelurahan Tidar Selatan, Magelang Selatan mengeluhkan kondisi listrik yang sering byar pet di wilayah tersebut. Pasalnya, listrik padam berkali-kali berimbas pada rusaknya barang-barang elektronik warga.

“Kami sudah laporan ke petugas PLN, katanya mau segera diperbaiki, tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya,” kata Prioyono, seorang warga Kampung Tidar Sari, Rabu (10/1).

Prioyono mengatakan, tiang listrik yang digunakan oleh puluhan warga pun dianggap sudah over kapasitas. Akibatnya, listrik sering mengalami anjlok. “Benda-benda elektronik kalau aliran listriknya rendah dan sering mati, pasti rusak. Saya harap ini segera ditangani PLN,” ujar Prioyono.

Prioyono mengakui warga setempat mengira bahwa tidak lancarnya pasokan listrik ke Kampung Tidar Sari karena penggunannya sudah terlalu banyak. Bahkan satu tiang listrik saja bisa digunakan oleh puluhan kepala keluarga.

Anggota Komisi B DPRD Kota Magelang, Waluyo meminta PLN area Magelang segera menindaklanjuti keluhan warga tersebut. Apalagi di kawasan Tidar Sari merupakan kampung yang padat penduduk.

“Dilihat dari estetika lingkungan saja sebenarnya sudah tidak bagus, kabel mengurangi keindahan karena saking banyaknya. Saya harap ini segera dicarikan solusi, kalau perlu dirikan tiang listrik lagi,” papar politisi Demokrat tersebut.

Sementara, Humas PLN Area Magelang, Nurina menjelaskan sejauh ini pihaknya belum mendapat informasi keluhan dari warga. Bahkan, dirinya baru tahu ketika wartawan hendak mengonfirmasi kejadian tersebut. “Begitu kami tahu langsung dilaporkan, petugas sudah ke lokasi untuk melakukan tinjauan. Penting bagi kami untuk mengetahui penyebab utamanya, kenapa listrik sampai byar pet,” imbuh Nurina.

Nurina mengakui, pihaknya mengapresiasi sikap warga yang proaktif melaporkan apabila terjadi gangguan semacam ini. Pihaknya berjanji untuk terus memberi layanan maksimal kepada setiap pelanggan tanpa terkecuali. (cr3/lis)