Targetkan Serapan 425 Ribu Ton

705

“Tahun ini target yang ditetapkan rasional saja. Tapi nanti kalau memang panen masih banyak, biasanya di pertengahan tahun akan ada perubahan target,”

Djoni Nur Ashari, Kepala Bulog Divre Jateng

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah tahun ini menargetkan serapan setara beras mencapai 425 ribu ton. Target tersebut meningkat dari realisasi tahun lalu yang mencapai 378 ribu ton.

“Tahun ini target yang ditetapkan rasional saja. Tapi nanti kalau memang panen masih banyak, biasanya di pertengahan tahun akan ada perubahan target,”ujar Kepala Bulog Divre Jateng Djoni Nur Ashari, kemarin.

Sedangkan untuk awal tahun ini, panen juga sudah mulai terjadi meski baru di beberapa lokasi tertentu. Diantaranya, Tegal, Ambarawa dan Cilacap. Namun pihaknya memastikan untuk stok tetap mencukupi hingga empat bulan ke depan.

“Sampai panen raya April nanti, stok masih aman. Buktinya kami juga lakukan operasi pasar dengan menggelontorkan sebanyak 30 ribu ton beras untuk Januari ini. Dan operasi masih akan terus dilakukan bila pergerakan harga masih terus terjadi. Artinya kami masih punya cukup stok,” ujarnya.

Bahkan, sebagian ada yang didistribusikan ke daerah lain. Yaitu sebanyak 10 ribu ton beras untuk pasar DKI Jakarta. “Tahun ini kita juga tetap ada program Movenas beras. Untuk Januari masih sebatas DKI, tapi ke depan bisa jadi ke beberapa daerah lain,” ujarnya.

Sedangkan untuk penyaluran bantuan nasional khusus Jateng direncanakan mulai dilaksanakan sekitar tanggal 25 Januari. Bantuan nasional dalam bentuk beras tersebut akan disalurkan ke sebanyak 2,4 juta keluarga penerima manfaat.

“Jumlahnya 10 kilogram beras per keluarga penerima manfaat. Untuk tanggal penyaluran pasti, saat ini kami masih menunggu pagu dari pusat, namun diperkirakan sekitar tanggal 25 Januari,” ujarnya. (dna/ric)