SMAN 2 Demak Kembangkan Pustaka Literasi

463
BUKA PAMERAN: Wabup Joko Sutanto didampingi Kepala SMAN 2 Demak Dra Siti Asiyah, MM, MPd membuka pameran Bazar dalam rangka HUT SMAN 2 ke-31, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BUKA PAMERAN: Wabup Joko Sutanto didampingi Kepala SMAN 2 Demak Dra Siti Asiyah, MM, MPd membuka pameran Bazar dalam rangka HUT SMAN 2 ke-31, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – SMAN 2 Demak terus mengembangkan diri dalam menghadapi persaingan global. Diantaranya mendorong siswa siswinya untuk rajin membaca buku. Untuk menunjang kualitas sumberdaya manusia (SDM) itu, pihak sekolah melengkapi dan mengembangkan pustaka literasi bagi siswa.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 2 Demak Siti Asiyah, MM, MPd disela memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 dihalaman sekolah, kemarin. Untuk mempermudah siswa dalam membaca buku, lingkungan sekolag juga dilengkapi sejumlah gazebo sebagai mini library.

“Kita biasakan anak didik membaca buku 10 menit sebelum mengikuti pelajaran dikelas. Kita gali potensi anak didik dengan cara memperkaya literature. Kita juga agendakan program sharing atau tukar pendapat untuk guru dan karyawan,” katanya.

Untuk menanamkan peduli lingkungan, sekolah juga membuat program lihat sampah ambil (Lisa), bersih bersih kelas, Jumat amal yang hasilnya untuk santunan anak yatim serta program pendukung lainnya. “Alhamdulillah, SMAN 2 Demak ini sebelumnya juga telah meraih Adiwiyata Mandiri Nasional,” ujar Siti.

Untuk meningkatkan penghijauan disekolah, maka dikelola lahan seluas 500 meterpersegi untuk difungsikan sebagai hutan sekolah. Selain ditanami pepohonan jenis trembesi, juga ada pohon ketepeng, jambu, belimbing, mangga, pisang dan buah lainnya.

Hasil buah buahan kemudian diolah siswa untuk menjadi makanan dan jajanan. Disela hutan sekolah juga ada kolam lele. Terkait dengan HUT SMAN 2 yang jatuh pada 22 Desember 2017 lalu itu, maka panitia menggelar serangkaian kegiatan.

Diantaranya, lomba sepak takraw antar pelajar SMP se Demak, bazar, jalan santai serta puncak acara dengan panggung gembira. Seperti diketahui, SMAN 2 Demak juga memberikan kesempatan karyawan untuk melanjutkan studinya ke jenjang S1 untuk bagian tata usaha dan S2  bagi guru PNS dengan subsidi beasiswa dari sekolah. “Sekolah yang memiliki 1.281 siswa ini juga sudah banyak menelurkan atau mencetak guru menjadi kepala sekolah dan pengawas,” katanya.

Wabup Joko Sutanto merasa gembira dengan perkembangan pesat SMAN 2 Demak tersebut. “Kita apresiasi karena sekolah ini sudah banyak mencetak pimpinan utamanya para kepala sekolah, dewan guru dan lainnya. Apalagi, banyak alumni SMAN 2 Demak ini yang tersebar diberbagai pos penting diberbagai daerah,” katanya. (hib/sct/bas)