Pilkada Tidak Berpengaruh Signifikan

567

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Tahun politik kali ini dinilai tidak akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi industri jasa pengiriman. Hal tersebut terkait dengan kian dewasanya masyarakat dalam berpolitik.

Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Tengah, Tony Winarno mengatakan, beberapa tahun sebelumnya, tahun politik kerap diwarnai oleh kampanye. Kampanye melibatkan pengerahan massa yang luar biasa, bahkan tak jarang juga terjadi kerusuhan.

Hal-hal semacam itu menurutnya akan memberikan dampak pada penurunan usaha, termasuk halnya jasa industri pengiriman. Namun demikian, beberapa tahun belakangan, ia menilai masyarakat Indonesia semakin dewasa dalam berpolitik.

“Ya ada ‘perang’ (antar masing-masing pendukung), tapi kini kecenderungannya lebih banyak di dunia maya. Sedangkan di dunia nyata sendiri, kondisi di masyarakat lebih kondusif. Sehingga meskipun ada pengaruh, tapi tidak begitu signifikan,” ujarnya.

Dengan kondisi yang kondusif, lanjutnya, masyarakat tidak ragu untuk memesan produk-produk dari e-commerce. Begitu juga para kurir yang bisa dengan nyaman dan aman dalam mengirimkan produk-produk tersebut.

“Beberapa tahun belakangan memang sebagian besar produk yang dikirim berupa produk-produk yang dijual secara online. Karena itu dengan berkembangnya UMKM yang juga mulai memanfaatkan teknologi informasi juga turut mendorong pertumbuhan industri jasa pengiriman,” ujarnya. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here