Bobol Kotak Amal Menggunakan Lidi

221

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Pengalaman dipenjara tak membuat AH alias Ambon alias Mamere, 19, warga Kelurahan Kowangan ini jera. Ia kembali harus berurusan dengan polisi karena ketahunan mencuri uang di kotak amal masjud, Selasa (9/1).

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Kapolsek Kota AKP Bambang mengatakan, tersangka mencuri uang dalam kotak amal Masjid Al Munawar Kelurahan Kertosari, Kecamatan Temanggung.

“Pelaku mengambil uang dengan menggunakan lidi yang sudah diberi perekat dan dimasukkan ke dalam lubang kotak amal, sehingga uang dalam kotak amal menempel pada lidi,” jelas Bambang.

Usaha membobol dengan lidi ini dilakukan berulang-ulang. Hasilnya, ia mengumpulkan uang Rp 75 ribu dari dalam kotak.

Tapi aksi tak terpuji AH rupanya dipergoki Suyanto, 66, warga setempat. Suyatno mengaku sudah merasa curiga ketika melihat ada orang yang masuk serambi masjid pagi-pagi.

“Saya kira dia mau salat, setelah saya lihat AH mengambil uang di dalam kotak amal, saya langsung mengajak warga sekitar untuk menangkapnya, kemudian langsung kami serahkan ke Polsek Kota,” kata  Suyanto.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, AH merupakan residivis. Ia pernah masuk penjara gara-gara kasus pencurian. Kali ini, AH akan dijerat dengan  tindak pidana pencurian dengan pemberatan subsider pencurian sesuai pasal 363 KUHP subsider pasal 362 KUHP. “Ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara,” kata Bambang. (jpg/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here