Industri Jasa Pengiriman Tumbuh 30 Persen

601

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sepanjang tahun lalu industri jasa pengiriman tumbuh hingga 30 persen bila dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang didukung oleh perkembangan infrastruktur turut mendorong pertumbuhan industri tersebut.

Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Tengah, Tony Winarno mengatakan, tahun 2017 industri jasa pengiriman mengalami pertumbuhan di atas rata-rata pertumbuhan tiap tahunnya. Yaitu mencapai 30 persen.

“Rata-rata pertumbuhan industri jasa pengiriman bila dilihat dari segi pengiriman, per tahun mencapai 15 persen, namun tahun lalu pertumbuhannya mencapai dua kali lipat dari biasanya,” ujar Tony, kemarin.

Yaitu dari rata-rata 50 ribu hingga 70 ribu per hari pada tahun 2016, menjadi 100 ribu per hari. Belum lagi saat peak season, pengiriman di tahun 2017 tersebut per harinya bisa melonjak lebih dari dua kali lipat dari rata-rata harian.

Tingganya pertumbuhan tersebut menurutnya tak lepas dari tumbuhnya UMKM yang kini juga telah melek teknologi informasi. Sehingga mereka dapat memasarkan ke berbagai daerah dengan bermodalkan internet.

“UMKM di Jawa Tengah ini tumbuh cepat, khususnya yang di daerah-daerah. Contohnya saja seperti di Sragen, Karanganyar, pertumbuhannya cukup pesat. Ini tentunya juga berdampak positif terhadap industri jasa pengiriman,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, perkembangan infrastruktur yang jauh lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya juga dinilainya turut mendorong perkembangan industri tersebut. “Sekarang jalan, bandara juga sudah semakin membaik, sehingga pengiriman juga bisa lebih lancar,” ujarnya. (dna/ric)