Wacanakan Rute Kendal-Banjarmasin

171

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal berencana akan menambah jumlah pelayaran di Pelabuhan Kendal. Yakni jurusan Kendal-Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Diharapkan nantinya bisa memenuhi kebutuhan pasar untuk pengangkutan orang dan barang dari Pelabuhan Kendal.

“Saat ini masih proses penambahan rute perjalanan. Sementara ini yang kami ajukan adalah untuk jurusan Kendal-Banjarmasin. Saat ini masih kami konsultasikan dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang selaku yang memiliki wewenang penambahan rute dan kapal,” kata Kepala Dishub Kendal, Suharjo.

Pihaknya juga sudah mengajukan permohonan penambahan rute Kendal-Banjarmasin ke Bupati Kendal. “Kami tinggal menunggu persetujuan KSOP. Begitu disetujui, kami segera tindak lanjuti dengan mencari pihak ke tiga penyedia kapal,” tuturnya.

Rencananya untuk kapal, saat ini yang sudah ada kerjasama adalah dengan  PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry. Tapi apakah nantinya akan  menggunakan ASDP Indonesia Ferry, Dishub masih butuh waktu. “Sebab itu kewenangan dari KSOP,” tambahnya.

Kendala di Pelabuhan Kendal saat ini yang terjadi adalah, kondisi perairan dermaga kapal terlalu dangkal. Yakni hanya 3-4 meter saja. Sehingga perlu pengerukan karena standar dermaga idealnya kedalaman pantai 5-6 meter.

Upaya Dishub Kendal saat ini hanya bisa meminta agar pelayaran dilalukan saat air laut tidak surut. Sebab pengerukan pelabuhan sendiri dibutuhkan biaya yang cukup banyak. “Nantinya untuk pengerukan dermaga akan dibantu oleh  PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, pengamat transportasi laut Kendal, Heri Meidianto, Master Mariner mengatakan penambahan rute Pelabuhan Kendal-Banjarmasin menurutnya kurang efektif. Sebab, jarak tempuh Kendal-Banjarmasin lebih kurang 330 mill.

Sementara untuk rute Banjarmasin ditempuh dari Tanjung Perak, Surabaya hanya 215 jarak. Sehingga terpaut jarak  115 mill.  Jarak ini tentu akan berpenguh pada waktu tempuh kapal untuk sampai ke tujuan.

“Sekarang ini kapal Surabaya-Banjarmasin ditempuh waktu 18-20 jam. Kalau dari Kendal akan memakan waktu lebih kurang 35-40 jam. Sehingga terpaut waktu sektiar 10-15 jam. Jadi penumpang tentunya akan memilih dari pemberangkatan dari Surabaya, ketimbang dari Kendal,” tandasnya. (bud/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here