Tindak Tegas Truk Kelebihan Muatan

605
BAHAYA: Sebuah truk mengangkut muatan sekam menjulang tinggi. Tampak dua pekerja bertengger disela muatan sehingga cukup membahayakan jiwanya. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Kendaraan bak terbuka, utamanya truk yang memuat barang melebihi kapasitas atau tonase menjadi sasaran tilang Polisi. Hal ini bisa dikategorikan melanggar pasal 307 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas.

Kapolres Demak AKBP Maesa Soegriwo melalui Kasatlantas AKP Christian J Lolowang mengatakan, dijalan raya di wilayah Demak cukup banyak kendaraan yang dengan sengaja memuat barang barang melebihi kapasitas yang ada.

Selain melanggar lalu lintas juga dapat memicu terjadinya kecelakaan dan membahayakan keselamatan jiwa pengguna jalan. “Di Demak yang demikian itu cukup banyak. Kendaraan kendaraan tersebut menjadi fokus upaya penindakan kita dilapangan,” katanya, kemarin.

Menurutnya, jika dijalan ditemui kendaraan yang nekat memuat dengan over kapasitas itu, maka pihak Satlantas tidak segan untuk menilangnya. Pantauan koran ini, sejumlah truk kerap berlalu-lalang dijalan alternatif dengan memuat sekam atau kulit padi dengan menjulang tinggi.

Bahkan, diatas atau disela-sela muatan juga masih ditempati untuk nangkring pekerja. Kondisi ini sangat membahayakan jiwa pekerja tersebut. (hib/bas)