Targetkan Salurkan Kredit Rp 350 M

737
SERAHKAN ASURANSI : Kepala Cabang Pegadaian Karangturi Dul Trisno (tengah) saat menyerahkan jaminan asuransi dan santunan kepada ahli waris nasabah yang meninggal. (istimewa)
SERAHKAN ASURANSI : Kepala Cabang Pegadaian Karangturi Dul Trisno (tengah) saat menyerahkan jaminan asuransi dan santunan kepada ahli waris nasabah yang meninggal. (istimewa)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kantor Pegadaian Cabang Karangturi tahun 2018 menargetkan penyaluran kredit Rp 350 miliar. Hampir 90 persen untuk Kredit Cepat Aman (KCA) dan sisanya untuk produk lainnya seperti kredit mikro dan kredit sepeda motor maupun mobil.

“Kami optimistis Pegadaian Cabang Karangturi mampu memenuhi target tersebut. Ini karena tahun 2017 penyaluran kredit mencapai Rp 300 miliar,” jelas Kepala Cabang Kantor Pegadaian Karangturi Dul Trisno usai menyerahkan santunan kepada 3 nasabah yang meninggal, pekan kemarin.

Total jumlah nasabah Pegadaian Karangturi saat ini mencapai 40.000. Dari jumlah tersebut, 90 persen nasabah KCA. Untuk tahun 2018, ditargetkan jumlah nasabah KCA sekitar 80 persen dan sisanya nasabah kredit mikro untuk UMKM dan kredit mobil serta motor.

Pegadaian banyak memiliki produk unggulan, diantara logam mulia yang dapat dibeli secara kredit oleh nasabah maupun dalam bentuk arisan. Selain itu juga ada tabungan emas,”Nasabah hanya dengan menabung mulai Rp 6.000 sudah bisa menabung emas,” jelas Dul Trisno.

Selain produk tersebut, Pegadaian juga memiliki produk tabungan haji yang diberi nama Arum Haji. Nasabah cukup menggadaikan perhiasan senilai Rp 7 juta, sudah langsung mendapat nomor urut haji. Untuk pelunasan, nasabah cukup menabung di Pegadaian sampai keberangkatan haji.

Ditambahkan nasabah Pegadaian kini tidak perlu khawatir barang yang digadaikan akan hilang apabila nasabah meninggal. Ini karena nasabah Pegadaian kini sudah dijamin oleh asuransi.

“Ahli waris kini tidak perlu khawatir harus melunasi barang yang digadaikan, karena begitu nasabah meninggal otomatis pinjaman akan lunas. Barang yang dijaminkan nasabah juga akan dikembalikan kepada ahli waris dan masih ditambah uang santunan,” jelasnya.

Asuransi ini memiliki banyak nilai manfaat. Diantaranya nasabah yang meninggal otomatis pinjamannya akan lunas, dan barang yang menjadi jaminan akan dikembalikan. Selain itu  masih ada santunan buat nasabah.

Sedangkan untuk penyaluran santunan asuransi kepada ahli waris nasabah selama tahun 2017 mencapai Rp 25 juta untuk 10 ahli waris. Adapun nilai kredit yang dibayar atau dilunasi asuransi mencapai Rp 100 juta. (tya/ric)