RADARSEMARANG.COM, SEMARANG — RSUP Dr Kariadi menyiapkan 20 dokter spesialis untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng. Ada 11 pemeriksaan yang akan dilakukan. Mulai dari pemeriksaan laboratorium hingga USG.

“Pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon Gubernur Jateng itu rencananya akan dilakukan pada 12 dan 13 Januari mendatang,” kata Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Dr Kariadi, dr. Durdopo Baskoro, usai melakukan pertemuan dengan intansi terkait di KPU Jateng, kemarin.

Baskoro menambahkan, selain pemeriksaan kesehatan juga dilakukan pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan psikologi dan pemeriksaan dari BNN untuk bebas narkoba. “Jadi pemeriksaan kesehatan itu tidak hanya secara fisik saja tetapi juga pemeriksaan lainnya sebagi penunjang kesehatan,” katanya.

Kemudian pada 13 Januari dilakukan pemeriksaan jasmani yang dilakukan oleh tim dokter RSUP Dr Kariadi dan psikiatri.  “Ada pemeriksaan secara jasmani dan tes tertulis untuk tes psikiatrinya,” katanya.

Sedangkan untuk tempatnya sendiri, tambahnya, untuk hari pertama akan dilakukan di Diklat RSUP Dr Kariyadi dan hari kedua akan dilakukan di gedung Garuda dan di aula direksi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, tes kesehatan bagi bakal calon gubernur dan wakil gubernur serta bakal calon bupati dan wakil telah dirumuskan oleh IDI tingkat pusat dan itu berlaku secara nasional.

“Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan di rumah sakit pemerintah tipe A . Di Jateng ada dua yakni RSUP Dr Kariadi dan RS Muwardi di Surakarta,” katanya.

Tetapi untuk Pilgub Jateng 2018 dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kariadi dan dalam pemeriksaan kesehatan tersebut juga telah melakukan koordibnasi dengan IDI, Himsi BNNP Jateng dan Rumahsakit Dokter Kariadi.

Joko Purnomo menambahkan pemeriksaan kesehatan itu sendiri dilakukan pada 12 dan 13 Januari mendatang dan hasilnya bisa diketahui tanggal 14 Januari. Kemudian pada 15 dilakukan pleno untuk menentukan apakah pasangan calon itu memenuhi syarat kesehatan apa tidak. (hid/zal)