Dorong Pembinaan Atlet Muda Anggar

505

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPRD meminta agar Pemprov maupun pemerintah kabupaten/kota lebih giat dalam pembinaan atlet anggar di Jateng. Sebab, potensi di Jateng sangat besar dan sekaligus sebagai persiapan PON XX Papua tahun 2020 serta berbagai kejuaraan lainnya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Kukuh Birowo mengungkapkan perlunya pembinaan atlet muda anggar. Ia meminta agar pemangku kebijakan bisa lebih maksimal dalam pembinaan atlet di Jateng, termasuk atlet anggar. “Kami akan terus mendorong pembinaan anggar di seluruh kota/kabupaten di Jateng bisa lebih bagus,” katanya.

Ia akan terus melakukan sosialisasi olahraga ini, terutama di kalangan pelajar. Karena sebenarnya bibit potensial sangat banyak dan membutuhkan pembinaan yang lebih serius. “Potensi itu harus ditingkatkan, karena ini akan membawa nama besar Jateng,” ujarnya.

Ketua Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jateng ini menambahkan, berbagai langkah dilakukan untuk meningkatkan prestasi atlet anggar di Jateng. Sebagai langkah pertama 2018, setidaknya sebanyak sembilan atlet dikirim untuk mengikuti kejuaraan anggar Asia Tenggara (SEAFF) di Kuala Lumpur, Malaysia, 18-22 Januari mendatang. “Ajang ini diharapkan bisa meningkatkan pembinaan anggar di Jateng. Para atlet tersebut adalah mereka yang masuk di rangking delapan besar kejurnas tahun lalu,” tambahnya.

Sembilan atlet tersebut turun di dua kelompok yaitu kadet dan yunior. Kelompok kadet terdiri atas Ichwan Zulkarnain (sabel putra), Naufal Arrasyid (degen putra), Putri Faridilah dan Nathalie Kurniagraha (floret putri). Sedangkan yang akan tampil di kelompok yunior adalah, Dinda Dwi Aryanti (sabel putri), Rana Azahra (degen putri), Yulia Muhammad Adhita (sabel putra), Yusuf Aprilian dan Hasyim Ashdham (floret putra). Ia meminta atlet harus menggunakan peluang itu guna menempa diri, dan harapannya bisa berprestasi. “Mereka akan dilatih oleh Hendra Faradillah dan sebagai manager tim serta mantan atlet PON Lukas Baskara. Keberangkatan tim mengikuti ajang SEAFF adalah hasil swadaya dari pengurus dan atlet,” tambahnya. (fth/ric)