TRANSPARAN : Wakapolres Magelang Kota Kompol Prayudha Widiyatmoko menunjukkan DIPA) tahun 2018 yang diterima Polres Magelang Kota, Senin (8/1). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
TRANSPARAN : Wakapolres Magelang Kota Kompol Prayudha Widiyatmoko menunjukkan DIPA) tahun 2018 yang diterima Polres Magelang Kota, Senin (8/1). (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2018 yang diterima Polres Magelang Kota meningkat dibanding tahun 2017 lalu. Kenaikan anggaran tersebut sebesar 14,25 persen yaitu dari Rp 56.876.319.000 di 2017 menjadi Rp 64.983.156.000.

“Kami akui memang ada peningkatan belanja pegawai, karena rencananya pada tahun 2018 ini akan ada penambahan personel,” kata Wakapolres Magelang Kota Kompol Prayudha Widiatmoko dalam sosialisasi DIPA 2018 di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota, Senin (8/1).

Belanja pegawai, menurut Prayudha, memang menempati porsi paling besar, yakni 79 persen. “Sementara porsi belanja barang hanya 21 persen dan belanja modal nol persen,” imbuh Prayudha.

Prayudha mengatakan, meski anggaran naik namun ada enam satuan fungsi yang anggarannya justru mengalami pengurangan dari sebelumnya. Di antaranya, Satuan Lalu Lintas yang turun hingga Rp 228,362 juta. Lalu Satuan Binmas turun Rp 57,21 juta dan Bidang Humas dikurangi Rp 16 juta. Selain itu, kegiatan razia dan pengamanan unjuk rasa juga dibatasi hanya 7 kali kegiatan dengan 15 orang per kegiatan. Termasuk pelayanan kegiatan masyarakat dibatasi 9 kali kegiatan dengan 15 orang per kegiatan.

“Meski dibatasi, kami bertekad meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Kita juga beri jaminan keamanan di Kota Magelang. Tentunya kami butuh pula dukungan dari Pemkot Magelang, utamanya dukung kegiatan yang tidak terdukung anggaran,” imbuh Prayudha.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina memaparkan, dengan diketoknya anggaran DIPA tahun 2018 ini, pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran sudah bisa dilakukan. Windarti berharap, jajaran Polres Magelang Kota dapat melaksanakan kegiatan sesuai rencana dan serapan anggaran bagus. “Soal terbatasnya anggaran, saya diberi pesan Pak Wali, jangan sungkan komunikasi dengan kami. Meski anggaran terbatas, jangan sampai mengendorkan semangat untuk menjaga keamanan Kota Magelang,” kata Windarti. (cr3/ton)