Banser dan IPNU Gelar Latihan Tanggap Bencana

295
SIAGA: Peserta relawan tanggap darurat berlatih bersama di bending Kalijajar, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SIAGA: Peserta relawan tanggap darurat berlatih bersama di bending Kalijajar, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak memberikan pelatihan tanggap bencana bagi elemen masyarakat. Kali ini, pelatihan melibatkan unsur Banser, IPNU dan IPPNU Kabupaten Demak.

Para pemuda yang tergabung dalam organisasi tersebut perlu dibekali dengan kemampuan rescue agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan ketika terjadi bencana banjir. Kepala pelaksana BPBD, Agus Nugroho LP mengatakan, mereka dilatih selama dua hari terkait dengan penanganan tanggap bencana. “Ada sebanyak 70 orang peserta,” katanya.

Selain dibekali teori, peserta juga langsung praktik menangani korban bencana. Sejumlah peralatan seperti perahu karet dan penunjang lain dikerahkan untuk membantu pelatihan tersebut. “Kita harus bisa menciptkan masyarakat yang betul-betul tangguh dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan akibat bencana. Diantaranya melalui pelatihan seperti ini,” ujarnya. (hib/bas)

Silakan beri komentar.