109 Petugas Lapas Komit Bekerja PASTI

574
TINGKATKAN KINERJA : Deklarasi janji kinerja 2018 bersama 109 petugas Lapas Klas 1 Semarang. (Joko Susanto/Jawa Pos Radar Semarang)
TINGKATKAN KINERJA : Deklarasi janji kinerja 2018 bersama 109 petugas Lapas Klas 1 Semarang. (Joko Susanto/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Lima poin janji kinerja diucapkan oleh 109 petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kedungpane Semarang, di lapangan tenis Lapas, Senin (8/1). Dalam deklarasi tersebut juga dilakukan, penandatanganan janji kinerja tahun 2018 bersama seluruh petugas, dengan tema acara “Kerja Bersama, Tingkatkan Kinerja”.

Lima poin tersebut meliputi, penerapan kode etik dan kode perilaku pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari. Bekerja dan berkinerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan Inobatif (PASTI). Memaksimalkan pemanfaatan e-Gov melalui tata kelola pemerintahan efektif efisien untuk good governance.

Kemudian, melayani publik dengan sepenuh hati dan siap mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK)  dan wilayah bebas Bersih dan melayani (WBBM). Menjaga stabilitas politik dan keamanan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI), serta menjadi perekat Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Tantangan dan hambatan pasti akan selalu ada, bisa saja besar dan bisa juga kecil. Tetapi adanya tantangan  dan hambatan janganlah menjadi kendala dalam mewujudkan kepemerintahan yang efektif dan efisien (good governance),” pesan Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Taufiqurrahman dalam apel tersebut.

Pihaknya meminta agar tantangan dan hambatan dijadikan peluang dalam berbuat, sehingga bisa mengerahkan kemampuan dan daya upaya yang dimiliki setiap petugas. Untuk itu ia meminta sikap, mental, dan perilaku harus terus dikobarkan ke hal-hal positif karena akan menentukan keberhasilan dalam mengatasi hambatan dan tantangan yang ada.

Sementara itu, Staf Bimbingan Kemasyarakatan (Binkemas) Lapas Semarang, Fajar Sodiq memastikan dirinya akan patuh terhadap deklarasi yang diucapkan. Menurutnya sudah kewajiban melaksanakan aturan tersebut sebagai bagian dari Kemenkum dan HAM. Pihaknya berharap poin deklarasi tersebut juga dilaksnakan oleh seluruh petugas lainnya.

“Bagaimanapun sebagai petugas saya akan jalankan secara maksimal. Melalui deklarasi ini tentunya saya berharap kinerja sesama petugas bisa maksimal,” ujarnya. (jks/zal)