Minta Pemerintah Percepat Tanggul Tol Laut

Atasi Abrasi Sayung

298
PEDULI SESAMA : Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Drs H Fathan Subchi memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PEDULI SESAMA : Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Drs H Fathan Subchi memberikan santunan kepada anak yatim piatu di Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Drs H Fathan Subchi mendesak pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan tanggul tol laut, khusunya di pesisir Kecamatan Sayung. Tanggul tersebut diperlukan untuk menanggulangi bencana abrasi dan rob yang terjadi setiap hari di daerah tersebut.

Demkian disampaikan Fathan di sela kegiatan serap aspirasi di Masjid Baiturrahim, Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, kemarin. Serap aspirasi yang dikemas dalam dialog ini, diselingi dengan santunan kepada 100 anak anak yatim piatu.

Fathan menegaskan, DPR RI berkomitmen mendorong pemerintah untuk menuntaskan masalah abrasi di Sayung. “Bencana abrasi di Kecamatan Sayung ini menjadi perhatian kami, utamanya di DPR RI. Kami berharap pemerintah segera mempercepat pembangunan jalan tol yang juga berfungsi sebagai tanggul laut,” katanya.

Seperti diketahui, sudah bertahun-tahun masyarakat di pesisir Sayung menderita akibat terendam rob dan tergerus abrasi. Bahkan, ada yang sudah direlokasi ke tempat lain, karena sudah tidak memungkinkan tinggal di atas air laut yang telah menenggelamkan rumah rumah warga. Kondisi sekarang yang paling parah dialami warga Desa Sriwulan, Desa Bedono, Desa Timbulsloko maupun Desa Surodadi. “Dengan tanggul laut, setidaknya dapat menolong warga yang masih bertempat tinggal di daerah Sayung itu,” kata Fathan Subchi, wakil rakyat dari Dapil 2 Jateng meliputi Demak, Kudus dan Jepara ini.

Dalam dialog serap aspirasi itu, Ketua Nelayan Desa Surodadi, Mulyono menyampaikan bahwa masyarakat pesisir Desa Surodadi, utamanya Dukuh Karanggeneng dan sekitarnya setiap hari berkeluh kesah terhadap abrasi yang terus menimpa mereka.

“Sudah bertahun-tahun abrasi terjadi. Air rob juga merendam rumah kami setiap saat. Selain mengganggu aktivitas warga, pekerjaan kami juga terbengkalai. Kami berharap Pak Fathan terus memperjuangkan nasib kami terkait bencana abrasi ini. Kami mohon pemerintah segera membangun tanggul laut,” kata dia.

Senada disampaikan Kiai Mahmud. Menurutnya, warga merasakan kepedihan mendalam karena rumah dan jalan yang mereka lewati tergenang air laut. “Untuk jalan di Desa Timbulsloko lebih parah lagi pak. Sebab, akses jalan di kampung terendam air dengan ketinggian lebih dari 3 meter. Ini sangat menyiksa kami,” ungkap Kiai Mahmud, tokoh agama desa setempat di hadapan legislator dari FPKB, Fathan Subchi, kemarin. (hib/sct/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here