Kapolres Pimpin Pembersihan Tanah Longsor

99
KERJA BAKTI : Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK. memimpin langsung proses pembersihan material longsor di wilayah Kecamatan Garung. Tampak Kapolres tengah memindah lumpur menggunakan cangkul bersama warga. (HUMAS POLRES WONOSOBO)
KERJA BAKTI : Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK. memimpin langsung proses pembersihan material longsor di wilayah Kecamatan Garung. Tampak Kapolres tengah memindah lumpur menggunakan cangkul bersama warga. (HUMAS POLRES WONOSOBO)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Sejumlah anggota Sat Sabhara Polres Wonosobo bersama anggota Polsek Garung, Banser dan masyarakat membersihkan jalan akibat tanah longsor di sepanjang Desa Pringapus dan Desa Tegalsari Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Sabtu (6/1). Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras SIK.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tanah longsor diperkirakan sepanjang sekitar 40 meter dengan tinggi tebing sekitar 60 meter, sehingga akses jalan menjadi terganggu. Anggota Sat Sabhara bersama anggota Polsek Garung, Banser dan masyarakat saling bahu membahu membersihkan jalan. Longsor diduga akibat dari tingginya curah hujan di sekitar wilayah tersebut.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras mengatakan, longsor sebetulnya sudah terjadi pada Jumat (5/1) malam sekira pukul 19.00 WIB. Namun pihak Polsek hanya bisa mendatangi TKP, berkoordinasi dengan perangkat desa dan mendata warga.

“Dari situ kami ketahui tidak ada korban jiwa dan karena cuaca kurang mendukung, kami putuskan bersama hari ini (Sabtu) baru bisa dilakukan kerja bakti,” kata Kapolres.

Kerja bakti pembersihan longsoran tanah bisa dilakukan karena kecepatan laporan dari anggota Polsek Garung, sehingga pihak kepolisian bisa ikut membantu masyarakat membersihkan longsoran tanah. “Kami beharap tidak ada longsor lagi. Akan tetapi kalau memang ada, kami dari kepolisian siap membantu. Pelayanan kami bukan hanya sebatas dalam penegakan hukum, pelayanan kepada masyarakat sangat banyak ragam, salah satunya ya yang sedang kami kerjakan ini,” katanya.

Ditambahkan dia, sebagai bagian dari mewujudkan kamtibmas, penanganan bencana menjadi salah satu program Polri. Karena bencana bisa mengancam kehidupan warga. Untuk itu, pihaknya terus menekankan kepada jajaran anggota agar responsif dan segera mengambil langkah ketika ada kejadian bencana di wilayah Wonosobo. (ali/sct)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here