Hobi Terarium Bikin Rileks

443
BUTUH KETELITIAN : Dua penghobi Terarium sedang menata tanaman mini dalam toples kaca. (Sigit andrianto/jawa pos radar semarang)
BUTUH KETELITIAN : Dua penghobi Terarium sedang menata tanaman mini dalam toples kaca. (Sigit andrianto/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Metode bertanam di wadah kaca atau lebih dikenal dengan istilah terarium semakin diminati. Terarium menampilkan sebuah taman mungil dalam media kaca atau plastik.

Devita Bulandari co-florist @Seteman mengatakan, tidak terlalu susah untuk membuat dan memelihara terarium. Perawatannya pun, kata dia hanya memerlukan penyemprotan sekali dalam seminggu, tergantung jenis tanamannya. ”Terarium adalah rangkaian tanaman yang ditempatkan pada bowl kaca atau semacam toples. Jenis tanamannya bisa berupa kaktus atau succulent,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Bulan mengatakan, terarium semakin ngetren karena keunikan yang dimilikinya. Tanaman ini dapat dinikmati dari berbagai sisi, baik tatanan tanamannya maupun gradasi media tanam yang digunakan.

Menanam dalam toples ini ternyata membutuhkan perjuangan tersendiri. Sebab, tidak mudah menanam dalam media yang tergolong kecil. Sehingga, untuk dapat memaksimalkan hasil, kelengkapan alat menjadi diutamakan. ”Pinset dan peralatan lainnya harus lengkap biar lebih mudah. Relatif murah kok. Dengan 100-300 an ribu sudah bisa membuat terarium ini,” jelasnya.

Bagi para penghobinya, taman mini dalam toples ini dinilai mampu mengurangi stres di sela menjalankan rutinitas. Para penggemar terarium bisa mengekspresikan kreativitasnya dalam membentuk taman dan menikmatinya kemudian. ”Kalau dari beberapa orang sih katanya bikin tenang dan rileks,” kata dia. (sga/ric)