Senin, Perangkat Desa Dilantik

1677

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Setelah sempat tertunda, pelantikan perangkat Desa akhirnya terlaksana. Pelantikan setelah turunnya Surat Edaran Bupati Nomor 141/002/2018 tentang Pemberian Rekomendasi Camat.

Sesuai surat tersebut, pengangkatan dan pelantikan perangkat desa secara serentak di Kendal akan dilaksanakan Senin (8/1).  Jadi kepada calon perangkat yang telah dinyatakan lolos dengan nilai tertinggi untuk memastikan jadwal pelantikan tersebut ke kepala desa setempat.

Sekda Kendal, Mohammad Toha mengatakan, pelantikan perangkat desa tersebut dilaksanakan oleh masing-masing kepala desa. Sebab Pemkab Kendal ataupun Bupati tidak mempunyai kewenangan untuk melantik perangkat desa yang sudah terpilih. “Semua kewenangan Desa, begitupun anggaran pelantikan bersumber dari APBD Desa tersebut. Tidak dari Pemkab Kendal,’’ katanya, kemarin (5/1).

Dia mengatakan, surat edara tersebut dilakukan untuk Desa yang belum melaksanakan pelantikan ditemukannya sejumlah permasalahan dalam seleksi. Sedangkan sejumlah desa yang tidak mengalami persoalan, sudah dilakukan pelantikan beberapa hari yang lalu. “Jika ada kepala desa yang enggan melantik calon perangkat yang terpilih, mereka harus siap jika didugat calon tersebut ke PTUN,” jelas dia.

Camat Weleri, Marwoto jika pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada seluruh Desa. Jika memang ada Desa yang tidak melantik, maka hal itu sudah diluar wewenangnya. “Pelantikan dilakukan oleh masing-masing Kepala Desa. Kecamatan hanya memberikan rekomendasi dan melakukan pemantauan,” tandasnya.

Anggota Komisi A DPRD Kendal, Aminudin, mendukung segera dilaksanakannya pelantikan terhadap calon perangkat desa yang telah terpilih. “Saya apresiasi pelantikan pada Senin (8/1) tersebut. Sudah seharusnya calon perangkat Desa yang telah melakukan ujian seleksi dengan nilai tinggi segera dilantik agar mendapatkan kejelasan status,” katanya. (bud/bas)