Persilakan Audit Renov Alun-Alun

543
Agus Bastian (IST)
Agus Bastian (IST)

RADARSEMARANG.COM, PURWOREJO — Bupati Purworejo Agus Bastian mempersilakan audit teknik dalam proses pembangunan trotoar Alun-Alun. Kata Bupati Agus, Pemkab akan terbuka dan memberi data sesuai fakta selama pembangunan proyek senilai Rp 11,6 miliar tersebut. Agus Bastian menyampaikan, audit harus dilakukan, mengingat pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Pihaknya masih punya keinginan untuk meneruskan pekerjaan yang belum selesai. “Saya ingin semuanya jadi terang sejelas-jelasnya,” kata Agus kepada jurnalis.

Kata Agus, proses audit akan menjadi dasar dalam penyelesaikan pekerjaan. Sebab, ia menargetkan Alun-Alun akan selesai pada 2018. Revitalisasi Alun-Alun, sambung Bupati Agus, tidak hanya berhenti sampai pekerjaan yang mangkrak. Tapi, bisa selesai seratus persen. Agus berkeinginan menambah beberapa objek untuk memperindah pusat keramaian tersebut. “Saya ingin Alun-Alun lebih bagus lagi. Karena itu, untuk yang baru nanti di tahap kedua, dananya bisa dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.”

Terpisah, Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi mengatakan, audit dilakukan untuk mengetahui berapa nilai pekerjaan yang dihasilkan pelaksana tender. Selain itu, Pemkab juga akan mengetahui penyebab terlambatnya proses pembangunan.

Tim akan menghitung besar anggaran dan waktu pekerjaan untuk menyelesaikan pembangunan. “Kesepakatannya, DPRD yang akan mengusulkan audit teknis kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).”

Ketua Komisi B DPRD Purworejo Dion Agasi Setyabudi menambahkan, penyelesaian Alun-Alun dapat menggunakan mekanisme mendahului anggaran di tahun 2018. Untuk itu, perlu diketahui dengan jelas persentase pekerjaan selesai dan berapa sisanya. Perhitungan tepat akan menjadikan penganggaran terukur. (jpg/isk)