Buruh Cipta Busana Pertanyakan Nasibnya

526

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Pekerja PT Cipta Busana Mandiri Sayung kemarin mendatangi perusahannya untuk menanyakan terkait nasibnya. Mereka menanyakan soal gaji serta dugaan pemberhentian sepihak oleh perusahaan terhadap buruh.

Nurhidayati selaku Perwakilan Pekerja atau buruh menyampaikan, bahwa pemberhentian karyawan diduga tanpa ada komunikasi sebelumnya. “Kita sebelumnya sudah menghadap ke manajemen untuk menanyakan dan memastikan masalah ini. Tapi, dari manajemen belum bisa memberikan penjelasan. Tahu-tahu, sekarang malah diliburkan. Kita akan memperjuangkan persoalan ini,” katanya.

Dalam audiensi sebelumnya, pihak perusahaan diwakili Ida Wahyuni dan Siti Maghfiroh. Mereka akan menyampaikan masalah tersebut ke pihak owner perusahaan  yang kini sedang di Jakarta. Ahmad Zaini dari LBH Demak Raya mengatakan, banyak persoalan yang dihadapi pekerja, termasuk terkait dengan BPJS ketenagakerjaan.

“Dalam Peraturan Menteri Nomor 4 Tahun 1993, Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 1998, Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 1993 serta UU Nomor 13 Tahun 2003 disebutkan bahwa pekerja memiliki hak dasar atas jaminan sosial, kesehatan dan keselamatan kerja,” katanya.

Sekretaris LBH Demak Raya, Anwar Sadad menambahkan, pihaknya berharap perusahaan segera memenuhi aspirasi pekerja sebagaimana aturan perundangan yang berlaku.”Jadi, perlu penyelesaian segera,” katanya. (hib/bas)