BENTUK APRESIASI: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, didampingi Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimutti, saat memberikan penghargaan CSR Award, kemarin. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)
BENTUK APRESIASI: Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, didampingi Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimutti, saat memberikan penghargaan CSR Award, kemarin. (Taufik Hidayat/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, KAJEN – Pemkab Pekalongan mulai meningkatkan sinergitas program kegiatan corporate social responsibility (CSR) dengan sejumlah perusahaan, untuk mempercepat pembangunan. Hal tersebut dilakukan mengingat kemampuan fiskal Pemkab Pekalongan masih sangat terbatas.

Lantaran kemampuan fiskal Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan masih yang sangat terbatas, untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pembangunan, dan dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Pekalongan.

“Banyak daerah yang terbantu dengan adanya CSR, baik dari BUMN, BUMD dan perusahaan luar negeri, untuk itu perlu dibentuk Forum CSR  Kabupaten Pekalongan, mengingat kegiatan bantuan CSR berkelanjutan,” kata Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Kamis (4/1) malam.

Asip Kholbihi mengungkapkan bahwa CSR dari suatu lembaga, untuk memperat tali silaturahmi dan memperkecil kesenjangan sosial antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

Menurutnya CSR juga sangat membantu dan mempercepat pembangunan di Kabupaten Pekalongan, yang belum tertangani oleh pemda karena keterbatasan anggaran.

“Inilah yang menyebabkan kita perlu didukung dan perlu kerjasama dengan seluruh perusahaan agar beban berat yang selama ini kita pikul bisa kita pikul bersama-sama,” ungkap bupati, dalam malam penganugerahan CSR Awards di pendopo rumah dinas bupati.

Bupati menambahkan, pemkab  juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak dari luar negeri untuk mendorong pembangunan di Kabupaten Pekalongan. Menurutnya ada beberapa lembaga yang telah ikut berupaya membantu proses percepatan pembangunan di Kabupaten Pekalongan, yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat. Seperti yang telah dilakukan oleh Bank Jateng, PLN, PT Pegadaian (Persero) Cabang Pekalongan Area Tegal dan perusahaan lainnya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada lembaga atau perusahaan yang memberikan CSR untuk pembangunan di Kabupaten Pekalongan,” kata Asip.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Pekalongan Bambang Irianto, menjelaskan  penghargaan CSR Awards pada beberapa perusahaan, ini merupakan apresiasi pemkab karena perusahaan tersebut telah berkontribusi dan bersinergi, dalam melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Pekalongan.

“Ada beberapa aspek penilaian yang dilakukan dalam penghargaan ini, yaitu aspek  manfaat, keberlanjutan, nominal, pemberdayaan dengan masyarakat dan akselerasi pembangunan Kabupaten Pekalongan,” jelas Bambang. (thd/zal)