Sementara, Hadziq vs Bambang

551

Ari menyampaikan, sebelumnya beberapa tim penghubung juga mendatangi KPU. Di antaranya, tim penghubung Heru Ibnu Wibowo pada 2 Januari 2017, Farid Nurrahman (2/1), dan Bambang Sukarno pada 2-3 januari 2018. Para tim penghubung menanyakan persyaratan menjadi bakal calon bupati atau wakil bupati. “Kami belum tahu, mereka akan diusung partai apa saja dalam pencalonan nanti. Kami baru akan mengetahui saat pendaftaran.”

Ari menjelaskan, partai pengusung bakal calon pasangan dalam Pilkada Temanggung 2018 harus berkoalisi. Sebab, tidak ada satu pun partai yang bisa mengusung sendiri bakal calon bupati-wakil bupati. “Syarat partai politik yang bisa mengusung calon bupati-wakil bupati minimal memiliki sembilan kursi di DPRD Kabupaten Temanggung hasil Pileg 2014.”

Sebelumnya, bupati petahana Bambang Sukarno bakal diusung koalisi 3 parpol. Yakni, PDIP, Nasdem, dan PKB. “Tiga partai tersebut, dipastikan akan mengusung Pak Bambang. Nasdem sendiri, dari DPP hingga saat ini, belum berubah, masih tetap akan menjalin koalisi dengan PDIP untuk mengusung petahana dalam Pilkada 2018,” klaim Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Temanggung, Muh Sayid, Selasa (2/1).

Sayid melanjutkan, hingga saat ini, masih terjadi tarik menarik kepentingan mengenai siapa calon wakil bupati (cawabup) yang akan mendampingi Bambang Sukarno sebagai pasangan dalam Pilkada. Apakah dari Nasdem, PKB, atau lainnya? “Masih dalam pembicaraan di tingkat DPP.”

Sayid mengakui, PKB memiliki jumlah kursi lebih banyak di DPRD Temanggung. Yakni: enam kursi. Sedangkan Nasdem: 4 kursi. Kendati demikian, kata Sayid, banyaknya jumlah kursi di DPRD, bukan jadi acuan satu-satunya dalam menentukan cawabup. “Persoalan elektabilitas, popularitas figur yang berpeluang untuk pemenangan Pilkada, bisa sebagai pertimbangan untuk penentuan cawabup.” Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDI Perjuangan Subchan Bazari membenarkan, selain Nasdem dan PKB, masih akan ada partai lain yang bakal merapat sebagai mitra koalisi. “Ya, tampaknya masih akan ada lagi partai yang mau bergabung.” Apa tanggapan PKB soal klaim Nasdem dan PDIP? Ketua DPC PKB Temanggung Matoha mengatakan, pihaknya masih menunggu proses lobi di tingkat pusat dan rekomendasi yang diberikan, terkait mitra koalisi pada Pilkada. “Kita masih menunggu keputusan dan kepastian dari DPP. Tunggu saja info berikutnya.” (san/isk)