Sementara, Hadziq vs Bambang

616

Kata Isnarwardi, pada Rabu (3/1) lalu, para bakal calon yang mendaftarkan diri ke Hanura, baru saja mengikuti fit and proper test di DPP Hanura di Jakarta. Setidaknya, ada 4 nama. Rinciannya, 3 untuk posisi bacabup, yakni: Muhammad Al Hadziq, Farid Nurrahman, dan Haryo Dewandono. Sedangkan satu nama untuk posisi bacawabup. Yaitu: Eko Budi Hartono (Camat Temanggung). “Informasi dari DPP, dijadwalkan tanggal 5-7 Januari rekomendasi sudah turun. Mudah-mudah tidak molor.”

Jika lima parpol tersebut fixed berkoalisi, tinggal tersisa dua parpol yang belum mengusung calon. Yakni, Demokrat (2 kursi di DPRD) dan PKS (3 kursi). Untuk diketahui, syarat minimal 9 kursi agar bisa mengajukan calon. Maka, jika Hanura lepas dari Hadziq dan merapat ke gerbong Farid, maka Farid bisa maju.

Dengan majunya Al Hadziq yang diusung koalisi 5 parpol, maka untuk sementara penantang sang petahana Bambang Sukarno, masih satu calon. Belum ada calon lain, kendati masih ada peluang bagi satu pasangan yang bisa diusung pada Pilkada Temanggung.

Tim Balon Bupati Mulai Konsultasi

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung membuka pendaftaran bacabup dan bacawabup dari unsur parpol pada 8-10 Januari 2017.

Menjelang masa pendaftaran, sejumlah tim penghubung para calon kandidat mulai berdatangan ke KPU untuk konsultasi. “Hari ini (kemarin, red), tim penghubung Muhammad Al Hadziq datang konsultasi ke kami, bertanya seputar persyaratan bakal calon,” kata Komisioner KPU Temanggung Divisi Teknis, Arimurti Hendro Wardani.