Sementara, Hadziq vs Bambang

610
KONSULTASI: Tim penghubung bacabup Al Hadziq mendatangi KPU Temanggung menanyakan syarat pencalonan. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
KONSULTASI: Tim penghubung bacabup Al Hadziq mendatangi KPU Temanggung menanyakan syarat pencalonan. (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM BAGAIMANA dengan Pilkada Temanggung? Petahana Bambang Soekarno yang diusung PDIP, Nasdem, dan PKB dipastikan akan mendapat lawan dari koalisi PPP, Golkar, Gerindra, PAN, dan Hanura. Koalisi 5 parpol ini akan mengusung pasangan Muhammmad Al Hadziq dan Heri Ibnu Wibowo.

“Kami (pengurus DPC PPP Temanggung, red) sudah sepakat untuk mengusung Mas Hadziq dan Mas Bowo dalam Pilkada tahun ini. Keputusan ini juga sudah kita sampaikan ke pengurus DPW dan DPP PPP,” ucap Ketua DPC PPP Kabupaten Temanggung, Rohmad Fauzi, Kamis (4/1) kemarin.

Mas Yusi—sapaan akrab Rohmad Fauzi— menuturkan, pihaknya dalam posisi menunggu rekomendasi dari DPP PPP. “Besok pagi (hari ini, red) surat rekomendasi dari DPP akan turun.”

Yusi mengklaim, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol untuk menjadi mitra koalisi. Kata Yusi, ada lima parpol yang sudah sepakat untuk mengusung pasangan Hadziq-Bowo. Yakni: PPP, Golkar, Gerindra, PAN, dan Hanura. “Lima parpol ini sudah hampir final. Kini, tinggal menunggu kepastian surat rekomendasi dari DPP masing-masing.”

Yusi mengaku, awalnya terjadi tarik ulur dalam penentuan cawabup pendamping Hadziq. Sebab, masing-masing parpol menyodorkan kadernya. “Setelah diskusi panjang, berkali-kali berembug, akhirnya ketemu nama Mas Bowo (Sekretaris Satpol PP Kabupaten Temanggung). Dengan catatan, Mas Bowo tidak boleh menjadi kader parpol tertentu, namun milik bersama. Kita posisikan beliau representasi dari birokrat,” beber Yusi.

Yusi berharap, masing-masing parpol mitra koalisi bisa segera mendapat surat rekomendasi maksimal pada 7 Januari. Atau, pada H-1 pendaftaran. “Kita jadwalkan daftar tidak terlalu awal dan tidak terlalu akhir. Kita ambil tanggal 9 Januari.”

Terpisah, Ketua DPC Hanura Temanggung, Isnarwandi, mengaku sudah diajak koalisi oleh PPP. “Mas Yusi memang sudah komunikasi intensif dengan kita. Namun, kita dalam posisi menunggu reomendasi i DPP.”