Minta RSUD Benahi Parkir

482

“Ruang parkir dalam tidak bisa muat banyak. Kemudian, lahan parkir tambahan depan RSUD Tidar, yaitu Giant Supermarket, juga tidak memenuhi.”

WALUYO – Anggota Komisi B DPRD Kota Magelang

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – DPRD Kota Magelang meminta RSUD Tidar Kota Magelang untuk membenahi masalah parkir. Sebab, proses pembangunan RSUD Tidar setinggi 8 lantai saat ini menimbulkan kesemrawutan. Utamanya, masalah parkir.

Anggota Komisi B DPRD Kota Magelang, Waluyo Kristanto, Kamis (4/1) menilai, kondisi perparkiran motor dan mobil di RSUD Tidar semrawut. Terlebih, saat ini RSUD sedang dibangun. “RSUD Tidar harus punya solusi dan pemikiran tentang perparkiran. Selama ini, citra RSUD Tidar sudah bagus dalam segi pelayanan. Jangan sampai citra tersebut terpengaruh pada kondisi parkir.”

Ketua Fraksi Partai Demokrat tersebut meminta agar ke depan, pengelolaan parkir menjadi perhatian khusus. Sebab, RSUD Tidar menjadi rujukan masyarakat, baik asal Kota Magelang maupun daerah sekitarnya. Waluyo menilai, ruang parkir di RSUD Tidar kurang representatif. “Ruang parkir dalam tidak bisa muat banyak. Kemudian, lahan parkir tambahan depan RSUD Tidar, yaitu Giant Supermarket, juga tidak memenuhi. Sebab, rebutan dengan pengunjung Giant. Harus ada solusi lain.”

Parkir di RSUD Tidar, kata Waluyo, sedikit banyak ikut menyumbang kemacetan di ruas Jalan Tidar. Apalagi pembangunan RSUD memakan waktu cukup lama, karena dikerjakan bertahap atau multi years. “Ini yang perlu dipikirkan. RSUD Tidar mungkin bisa berkoordinasi dengan instansi terkait, yaitu Dishub mengenai solusi parkir sementara. Semisal saja bisa menutup Jalan Jenggala, khusus untuk parkir RSUD Tidar.”

Pemilihan ini, lanjut Waluyo, sebagai solusi sementara karena Jalan Jenggala merupakan jalan alternatif dan untuk akses keluar masuk kendaraan parkir cukup mudah. “Harus ada solusi pengalihan lahan parkir, agar tidak menganggu keluar masuk truk proyek.”

Selain masalah lahan parkir, Waluyo juga menegaskan, RSUD Tidar harus menyeleksi ketat petugas parkir. “Jangan sampai nantinya ada petugas yang menarik biaya parkir tidak sesuai ketentuan.” (cr3/isk)