Komplotan Pencuri Mobil Ditembak

716

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG — Tiga warga Temanggung, komplotan pencuri mobil, kemarin, ditangkap Reskrim Polres Sleman. Ketiganya diciduk di sebuah rumah kos di Pemalang, Jawa Tengah.

Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Ronny Are Setia mengatakan, tiga pelaku berinisial Wes, 19; AW, 28; dan Ali, 26. Polisi terpaksa menembak kaki kedua tersangka (Wes dan AW), karena berusaha kabur ketika hendak dibekuk.

“Ya, Wes dan AW terpaksa ditembak karena berusaha kabur ketika mau ditangkap di kamar kos di kawasan Pemalang pada 30 Desember 2017 lalu,” kata Ronny di Mapolres, Kamis (4/1) kemarin.

Apa modus yang dilakukan komplotan ini? Cukup baru. Tersangka tidak merusak mobil. Sebelum mencuri mobil, komplotan ini membobol rumah terlebih dahulu, kemudian mencari kunci mobil.

Setelah mendapatkan kunci mobil, pelaku membawa kabur mobil dari rumah korbannya. Selama beraksi pada November-Desember 2017, komplotan ini sudah tiga kali membawa lari mobil korban, di tiga lokasi berbeda di Sleman.

Tersangka berhasil membawa kabur dua unit Jazz RS warna putih, 1 Nissan March, dan 1 motor Beat. Satu unit mobil hasil curian belum sempat dijual. “Masih disembunyikan di wilayah Kaliangkrik, Magelang. Sedangkan dua mobil lainnya dibawa ke kos mereka di Pemalang. Plat nomornya sudah diganti.”

Ronny membeber, saat penyelidikan, anggota mendapatkan keterangan bahwa komplotan curanmor ini berada di Pemalang. “Saat hendak kami amankan, kakak beradik Wes dan AW berusaha melarikan diri. Jadi terpaksa kami lumpuhkan,” tandas AKP Ronny.

Tersangka yang kini mendekam di sel Mapolres Sleman, akan dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara. (jpg/isk)