Skype, Trik Jitu Perbaiki Pengucapan Bahasa Perancis

612
Mamik Miyarti SPd
Mamik Miyarti SPd

RADARSEMARANG.COM – PEMBELAJARAN bahasa asing khususnya bahasa Perancis pada jenjang SMA bertujuan untuk menciptakan siswa yang mampu berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan berkomunikasi yang diharapkan dari pembelajaran bahasa adalah berbicara dan bukannya menulis. Hal inilah yang diungkapkan oleh Omaggio (1993:96) bahwa “ language is speech, not writing. A language is what native speakers say, not what someone thinks they ought to say.”

Namun tujuan tersebut masih belum tercapai sepenuhnya. Artinya, masih banyak kendala yang dihadapi oleh para guru untuk mengantar siswanya menguasai bahasa asing secara utuh. Dalam mempelajari bahasa Perancis, siswa terbentur pada permasalahan klasik yang membuat semangat mereka menurun atau bahkan hilang, dan pada akhirnya menyerah. Kebanyakan para siswa mengeluhkan masalah pengucapan atau pelafalan. Pengucapan dalam bahasa Perancis memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan tulisannya.

Semisal contoh Huruf e di belakang kata tidak pernah dilafalkan, saat mengucapkan suatu kata dengan huruf e di belakangnya, kita seperti menelan huruf e tersebut. Misalnya, classe /klas/ (kelas); table /tabl/  (meja). Kemudian huruf eau dibaca seperti huruf o pada kata obat, misal tableau /tablo/ (tabel); eau /o/ (air). Dan huruf ou dilafalkan seperti huruf u, misal vous /vu/ (Anda/ kalian); bonjour /bɔ̃ʒuʁ/ (selamat pagi).

Hal inilah yang membuat kesulitan para siswa, perbedaan yang sangat jauh antara pengucapan dengan tulisan. Trik jitu untuk memperbaiki kesulitan tersebut, siswa dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi di era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, Facebook, Twitter, Skype dan lain-lain. Skype, Twitter dan Facebook juga tidak kalah saingnya dengan internet, karena di Skype,Twitter dan Facebook, para remaja bisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang diajak berkenalan, karena itu hanya terjadi di dunia maya. Skype adalah media yang paling cocok untuk memperbaiki pengucapan siswa.

Pemanfaatan media Skype sangat menunjang keberhasilan dalam keterampilan berbicara. Skype adalah salah satu jawaban dari kesulitan-kesulitan siswa ketika belajar bahasa Perancis. Skype merupakan program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas yang dapat diunduh gratis yang memudahkan pembelajar bahasa Perancis dapat berkomunikasi secara aktif, dapat berbicara secara langsung dengan pengguna Skype lainnya dari belahan dunia manapun.

Dalam hal ini siswa akan secara aktif dapat berkomunikasi dengan locuteur active di manapun dan kapanpun. Siswa bisa menggunakan Skype di perangkat telepon, komputer atau TV dengan instalasi Skype. Dengan menggunakan Skype, siswa akan terhubung dengan lebih banyak orang khususnya Skyper berbahasa Perancis di seluruh dunia. Siswa akan dapat melakukan panggilan suara dan video yang akan memudahkan untuk belajar bersama dan saling berbagi pengalaman.

Pembelajaran bahasa Perancis dengan menggunakan media Skype akan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan kata lain, media Skype dapat menciptakan kontekstualisasi yang akan mendorong siswa untuk menyatakan pendapat atau perasaan dalam bahasa Perancis secara lisan dengan pengucapan yang tepat. Sehingga siswa akan lepas dari pemikiran, bahwa bahasa Perancis itu sulit, karena dengan menggunakan media Skype siswa akan berpikir “Le francais est facile” (bahasa Perancis itu mudah).

Mempelajari bahasa, meskipun sulit tetapi sebagai jendela dunia. Salah satu cara sukses di dunia yaitu dengan menguasai bahasa. Dan bahasa Perancis sebagai bahasa kedua di dunia menjadi kunci penting juga. (*/aro)

Guru Bahasa Perancis SMA Negeri 1 Subah, Batang