Senirah SPd MM
Senirah SPd MM

RADARSEMARANG.COMMENULIS menggunakan bahasa Jawa sangat menyiksa bagi siswa. Menyiksa pula bagi guru bahasa Jawa karena harus berpikir bagaimana bisa mengantarkan siswanya untuk bisa menulis menggunakan bahasa Jawa dengan benar. Hal yang dialami oleh siswa zaman now ini, rata-rata sudah jauh dari budaya Jawa. Mereka juga jarang menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Ketika guru berhadapan dengan materi menyajikan kompetensi dasar (KD) teks deskripsi tentang rumah adat Jawa dengan menggunakan bahasa yang baik (bahasa Jawa), guru mengalami kesulitan bagaimana cara mengajarkannya supaya materi bisa sampai ke siswa.

Mengenalkan bentuk dan jenis rumah adat Jawa merupakan salah satu upaya yang dilakukan supaya para siswa saat ini masih mengenal rumah adat Jawa. Sulit bagi siswa untuk mengenali bagian-bagian rumah adat Jawa, seperti pendapa (ruang buat menerima tamu), pringgitan (batas antara pendapa dan ruang lain) , dalem (ruang keluarga) , senthong (kamar atau tempat tidur) dan gandhok (pawon atau dapur).

Guru bahasa Jawa memang harus banyak melakukan berbagai inovasi-inovasi pembelajaran baik metode, strategi maupun media dalam menyampaikan materi-materi bahasa Jawa. Terlebih materi bahasa Jawa yang sudah disampaikan sejak siswa jenjangSD hingga SMA. Namun, dalam masalah menulis siswa yang duduk di bangku SMA tidak sedikit yang masih mengalami kesulitan. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode cooperativ script merupakan alternatif mempermudah dalam menyampaikan materi menulis teks deskripsi rumah adat Jawa.

Dalam proses pembelajaran menggunakan metode cooperativ script siswa dibagi dalam kelompok kecil menjadi dua-dua siswa per kelompok. Setelah guru memberikan teks deskripsi pada masing-masing kelompok, kemudian satu siswa membacakan teks deskripsinya dan satu siswa menyimak. Selesai membacakan teks deskripsi dari guru, siswa satunya bergantian membacakan dan siswa satunya menyimak. Mengapa metode cooperative script ini bisa dijadikan alternatif pembelajaran bahasa Jawa. Karena dengan dibentuknya kelas menjadi kelompok kecil (dua dua siswa perkelompok). Maka pembelajaran ini akan efektif dan apa isi teks yang dibaca siswa akan bisa dipahami oleh siswa yang menyimak.

Adapun langkah-lagkah dalam pembelajaran yang dilakukan pada saat kegiatan awal guru dapat mengondisikan suasana kelas dan membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran bahasa Jawa. Guru dapat menampilkan gambar atau bentuk-bentuk adat Jawa, baik rumah adat Jawa, misalnya rumah Joglo. Karena siswa pada dasarnya suka pada bentuk visualisasi, audio visual dibandingkan ketika sekadar bercerita.

Pada kegiatan inti, guru dapat memberikan penjelasan cara kerja yang harus dilakukan siswa nanti pada saat kerja kelompok. Bahwa guru akan membagi kelas ke dalam kelompok kecil (dua-dua siswa per kelompok) bisa dibentuk langsung oleh guru maupun oleh ketua kelas dengan jeda waktu 10 menit. Selesai membacakan teks deskripsi yang diberikan guru secara bergantian per kelompok bisa menyampaikan isi teks dan mampu menjawab pertanyaan dari guru secara lisan dengan keberaniannya yang berkaitan dengan isi teks. Setelah selesai mengupas satu teks deskripsi, guru menampilkan teks dalam slide ppt. Guru bersama siswa merefleksikan tentang teks deskripsi beserta pokok isi yang ada dalam teks deskripsi tersebut.

Di akhir pembelajarnnya, guru menampilkan satu rumah adat Jawa yang berbentuk Joglo. Guru membagikan kertas kerja persiswa yang digunakan untuk menuliskan satu paragraf teks deskripsi tentang rumah adat Jawa Joglo yang siswa lihat dengan memperhatikan struktur teks deskripsi yang sudah siswa ketahui dan pilihan tembung (kosa kata) yang tepat. Satu paragraf yang dikumpulkan kemudian dibagi pada teman lain untuk diberi tanggapan, bisa dikerjakan di rumah besok paginya baru dikumpukan. Dengan alternatif metode cooperativ script ini tujuan pembelajaranpun akan tercapai di antaranya siswa dapat menanggapi isi dan menceritakan kembali isi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks deskripsi rumah adat Jawa, menyajikan teks deskripsi tentang rumah adat Jawa dengan bahasa sendiri, dan menanggapi teks deskripsi tentang rumah adat Jawa karya teman. (*/aro)

Guru SMA Negeri 1 Boja Kendal