RADARSEMARANG.COM, MUNGKID — Pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Magelang hanya dibuka selama tiga hari. Yakni, pada 8-10 Januari.

Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang meminta seluruh bakal pasangan calon dan partai politik untuk mempersiapkan diri. “Tentu terkait sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi,” kata Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifudin, Rabu (3/1) kemarin.

Pengumuman pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati mengacu surat KPU Kabupaten Magelang Nomor 01/PL.03.2-PU/3308/KPU-Kab/I/2018 yang dikeluarkan pada 1 Januari 2018. Pendaftaran dibuka pada 8 Januari 2017, pukul 08.00-16.00. Pendaftaran ditutup pada 10 Januari 2018, pukul 08.00-24.00. Lokasi pendaftaran di kantor KPU Kabupaten Magelang.

Afifudin menyampaikan, pendaftaran bakal pasangan calon bupati-wakil bupati dilakukan oleh pimpinan parpol. “Atau gabungan partai politik.” Pengurus partai politik atau gabungan parpol—serta bakal pasangan calon—wajib hadir pada saat pendaftaran.

Bakal pasangan calon didaftarkan, wajib diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi syarat minimal perolehan kursi. Yakni, minimal 20 persen dari jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Magelang tahun 2014, yaitu 10 kursi. Parpol atau gabungan parpol juga musti memenuhi syarat minimal 25 persen dari akumulasi perolehan surat suara sah, yaitu 188.691 suara sah.

Kewajiban lainnya, bakal pasangan calon musti menyerahkan dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. Formulir persyaratan bisa diambil di kantor KPU Kabupaten Magelang atau dapat diunduh di situs resmi KPU. “Kami berharap mereka bisa mendaftar sedari awal, untuk memperlancar proses pendaftaran. Kami minta seluruh persyaratkan disiapkan.” (vie/isk)