1002 Ribu Petani Sudah Terdaftar

Kartu Tani BRI Tekan Penyelewengan Pupuk Bersubsidi

122
UNTUK PETANI: Ratusan petani se-Kabupaten Temanggung saat mengikuti peluncuran penggunaan kartu tani BRI di Hall Makukuhan Kedu, Rabu (3/1). (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)
UNTUK PETANI: Ratusan petani se-Kabupaten Temanggung saat mengikuti peluncuran penggunaan kartu tani BRI di Hall Makukuhan Kedu, Rabu (3/1). (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU)

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG — Sebanyak 500 petani dari berbagai kelompok tani se-Kabupaten Temanggung, mengikuti launching penggunaan kartu tani BRI di Hall Makukuhan Kedu, Rabu (3/1) kemarin. Mereka diajari cara menggunakan aplikasi kartu tersebut oleh pegawai BRI Cabang Temanggung dan BRI Cabang Parakan.

Pemimpin Cabang BRI Cabang Parakan, Prayitno, menuturkan, kartu tani BRI untuk menghindari penyimpangan distribusi pupuk bersubsidi dari pemerintah kepada petani. Meski begitu, para petani juga perlu bimbingan dan pendampingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL). Sehingga penggunaannya tepat sasaran.

“Dengan penggunaan kartu tani BRI, maka petani bisa mendapatkan pupuk murah, keuntunganya lebih banyak, sehingga kesejahteraan petani meningkat.”

Pengganti Sementara (Pgs) Pemimpin Cabang BRI Cabang Temanggung, Puji Widayati Nuryani, menyampaikan, kartu tani BRI untuk memastikan bahwa pupuk bersubsidi sampai kepada yang berhak. Sebab, selama ini, penyaluran secara manual rentan penyelewangan dan susah terdeteksi.

“Adanya kartu tani BRI untuk memudahkan dalam mengontrol, karena setiap distributor punya jatah, siapa saja yang dilayani dan wilayahnya juga sudah ditentukan. Jadi, pengecer A, tidak bisa mengambil pengecer B, karena data base-nya sudah jelas.”

Selain untuk mendapatkan pupuk, kartu tani BRI juga bisa digunakan untuk bertransaksi. Seperti transfer uang untuk pembelian bibit, pembayaran listrik, dan lainnya. “Jadi, bentuknya ATM. Adanya kartu ini, sekaligus mengajari petani untuk menabung.” Hingga saat ini, di Temanggung sudah ada 1002 ribu petani yang terdaftar.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Masrik Amin Zuhdi merespons positif kehadiran kartu tani BRI. (san/isk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here