DILANTIK – Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga melantik anggota brigadirnya yang naik pangkat, Rabu (2/1). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
DILANTIK – Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga melantik anggota brigadirnya yang naik pangkat, Rabu (2/1). (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Hujan sejak pagi hari di wilayah Kabupaten Batang, tidak membuat semangat anggota polisi di Batang Jawa Tengah untuk apel. Kapolres AKBP Edi S Sinulingga yang langsung memimpin apel, turut berbasah ria dengan anggotanya mengingatkan sebagai polisi harus profesional dan jangan arogan, Selasa (2/1).

“Sebagai seorang penegak hukum, pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat, Polri dituntut  wajib miliki sikap keteladanan untuk mampu berperilaku simpatik, mengendalikan diri baik di lingkungan kesatuan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Serta taat terhadap norma hukum,” ucap kapolres saat berikan pengarahan.

Dalam perkembangan situasi, polisi kata kapolres, juga harus mampu memanfaatkan setiap peluang dengan berupaya meningkatkan profesionalisme sebagai abdi masyarakat yang memiliki ketahanan mental, tangguh dan semangat dalam menghadapi pengaruh-pengaruh negatif.

Faktor mental tetap menempati urutan teratas dari tuntutan kriteria seorang anggota polisi. Pengembangan kemampuan intelektual personel polisi juga harus terus dipacu dan dibudayakan di kalangan brigadir Polri. Mengingat brigadir Polri pada dasarnya sebagai pelaksana-pelaksana utama Polri di lapangan yang mempunyai kewenangan diskresi kepolisian.

“Sebagai pelayan masyarakat yang baik, dalam setiap langkah kita dituntut untuk bisa bersikap santun, ramah, tidak arogan, etis dan proporsional,” tegasnya.

Pada apel kemarin juga dilakuan upacara pelantikan kenaikan pangkat brigadir periode 1 Januari 2018. Terdiri dari anggota berpangkat briptu ke brigpol 5 personel dan dari bripka ke aipda sebanyak 6 personel.

Kegiatan tersebut di hadiri Wakapolres Batang Kompol Hendri Yulianto, para kabag, kasat, kapolsek jajaran dan sejumlah perwira staf serta anggota bhayangkari Polres Batang.

Kenaikan pangkat brigadir polisi terhadap 11 anggota polisi di lingkungan Polres Batang ini, harapannya bisa membangun komunikasi yang positif antara kesatuan dan di lingkungan masyarakat sebagai penegak hukum dan abdi negara. (han/lis)