Mengenal Ikan Aligator dan Bulus 50 Tahun

476
MERIAH : Anak-anak berkunjung ke Aquatic Studio dan melihat koleksi ikan-ikan yang ada. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)
MERIAH : Anak-anak berkunjung ke Aquatic Studio dan melihat koleksi ikan-ikan yang ada. (MUKHTAR LUTFI/Radar Kedu)

RADARSEMARANG.COM, MUNGKID – Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang terus mengupayakan pemanfaatan Aquatic Studio dan Taman Ikan Bojong. Sejumlah fasilitas dilengkapi, termasuk koleksi hewan air di dalamnya.

Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang Sri Hartini mengatakan, tak hanya melihat koleksi ikannya saja, pengunjung juga dapat melihat beberapa video tentang ikan serta bermain menangkap ikan. “Sejak dibuka tahun lalu, hampir tiap hari selalu ramai dikunjungi anak-anak. Tidak hanya siswa PAUD, (ada) rombongan dari SD hingga SMP,” kata dia, Selasa (3/1).

Ditambahkan Kepala Seksi Usaha Promosi dan Investasi Dinas Peterikan Kabupaten Magelang Tangguh Edhijanto, Aquatic Studio dan Taman Ikan Bojong, saat ini memiliki 36 akuarium dengan 40 spesies. Spesies tersebut terdiri dari ikan hias, eksotik serta ikan konsumsi.

“Selain ikan lokal, ada juga koleksi ikan dari luar negeri. Salah satunya ikan aligator. Kami juga memiliki bulus umur sekitar 50 tahun dengan berat 1 kuintal. Bulus ini kami dapatkan dari Waduk Wadaslintas tahun 1991 lalu,” imbuhnya.

Aquatic Studio dan Taman Ikan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran bagi anak anak. Selain juga untuk mengampanyekan suka makanan dari produk olahan ikan. “Karena itu, kami menggandeng guru-guru Himpaudi, TK dan SD di wilayah ini,” ungkapnya.

Hati Tiyono, pengunjung asal Desa Ketep Kecamatan Sawangan yang datang ke Aquatic Studio tertarik datang untuk mengenalkan ikan pada anaknya. “Kalau dikembangkam lagi pasti bagus ini,” kata dia. (vie/ton)