Kado Pecah untuk Matematika yang Menyenangkan

524
Elis Dwi Purbiyanti SPd MPd (IST)
Elis Dwi Purbiyanti SPd MPd (IST)

RADARSEMARANG.COM – JIKA kita bertanya kepada siswa SD, pelajaran apa yang paling sulit? Pastilah mereka akan menjawab serempak “Matematika”. Matematika menjadi pelajaran momok tersendiri bagi siswa SD. Bahkan ada beberapa anak SD yang sering tidak masuk sekolah pada hari yang ada pelajaran matematika. Permainan yang menyenangkan adalah salah cara terampuh untuk menarik minat siswa SD dalam belajar matematika, sesuai karakter anak SD yang masih senang bermain. Guru harus bisa mengemas pelajaran matematika semenyenangkan mungkin, sehingga anak belajar tanpa rasa takut. Kado Pecah adalah permainan dimana anak bermain kartu tetapi mereka tidak sadar kalau sedang belajar.

Pada kurikulum 2013 revisi, matematika SD kelas tinggi (4,5,6) merupakan muatan pelajaran yang terpisah dari tematik. Pecahan merupakan materi matematika yang selalu ada pada kelas tinggi di SD, dari kelas 4 sampai kelas 6. Pemahaman materi pecahan yang baik sangat dibutuhkan anak dalam pembelajaran matematika.

Pembelajaran dapat dikatakan berhasil jika pembelajaran tersebut mampu membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Smith dan Ragan (dalam Pribadi, 2010: 18) mengemukakan beberapa indikator yang dapat digunakan untuk menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah efektif, efisien dan menarik. Untuk itu guru perlu melakukan upaya yang sistemik dan sistematik. Sistemik merujuk pada upaya untuk melakukan tindakan secara terarah dan langkah demi langkah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan sistematik adalah cara pandang yang menganggap sebuah sistem sebagai satu kesatuan yang utuh dengan komponen- komponennya.

Kado pecah adalah akronim dari kartu domino pecahan. Kartu domino pecahan yaitu modifikasi dari karu domino. Jumlah kartunya 28 sama persis dengan kartu domino. Model atau bentuknya juga sama persis dengan kartu domino. Dua sisi pada kartu domino pecahan yaitu berupa soal dan jawaban. Satu sisi berisi soal, sisi yang lain merupakan jawaban.  Permainan kado pecah adalah permainan kartu domino pecahan. Permainan kado pecah sama dengan permainan kartu domino biasa. Jika pada permainan domino memasangkan bagian yang sama, misalnya bulatan satu dipasangkan dengan bulatan satu, maka pada permainan kado pecah sisi yang satu setengah, maka di sisi yang lain 50 persen.

Permainan kado pecah sangat bermanfaat sekali untuk memperbaiki hasil belajar dan keaktifan siswa pada pelajaran matematika. (*/aro)

Guru SD Sambirejo 01 Semarang